Menu Puasa Sehat untuk Penderita Obesitas, Bisa Turunkan Berat Badan/Istimewa
Health

Menu Puasa Sehat untuk Penderita Obesitas, Bisa Turunkan Berat Badan

Redaksi
Rabu, 27 Maret 2024 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa merupakan kesempatan besar untuk mengurangi berat badan terutama bagi penderita obesitas. Pasalnya, dalam sehari berpuasa terdapat 200-500 kalori yang terbakar dan bisa jauh lebih besar jika berolahraga.

Namun, semua itu harus bersamaan dengan asupan yang kaya nutrisi.

Menjalankan puasa sangat penting dilakukan bagi penderita obesitas sebagai langkah membiasakan diri untuk mengontrol asupan makanan dan mengurangi kadar gula dalam tubuh yang merupakan salah satu masalah penyebab obesitas.

Dilansir dari kominfo.jatimprov.go.id, menurut Pakar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dr Hermina Novida puasa membuat tubuh menggunakan cadangan glukosa dalam tubuh sehingga meningkatkan stabilitas gula darah.

Namun, bagi penderita obesitas harus mengimbangi asupan makanan untuk membantu penurunan berat badan.

Bisnis telah merangkum informasi menu sehat yang baik dikonsumsi untuk penderita obesitas, yakni:

1. Oatmeal dengan Buah-buahan

Oatmeal menjadi menu yang cocok bagi penderita obesitas karena dapat menjaga gula darah dan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Apalagi oatmeal sangat memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan nasi.

Cobalah membuat oatmeal dengan topping buah-buahan, seperti apel, anggur, stroberi, atau tambahan granola untuk memberikan variasi rasa. Juga jangan lupa tambahkan susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

2. Yogurt dengan Buah-buahan

Perlu dicatat yogurt yang dikonsumsi haruslah rendah gula serta tidak memiliki kandungan pemanis buatan. Gunakanlah yogurt yunani karena mengandung sedikit gula. Yogurt bisa disandingkan bersama buah pisang, blueberry, dan mangga. Menu ini bisa disantap saat berbuka atau sahur. Terlebih penyajiannya yang tidak begitu merepotkan.

3. Sup Sayur

Sayur sop berisikan aneka sayuran dan daging yang mengandung berbagai nutrisi untuk tubuh seperti, zat besi, vitamin (A,C,K), kalsium, magnesium, dan masih banyak lainnya. Nutrisi dapat membantu menjaga berat badan serta mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, menurunkan berat badan selama puasa tidak terasa sia-sia.

4. Tumis Tempe dan Sayur

Mengonsumsi tempe bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan dan tinggi serat sehingga bisa menahan lapar lebih lama. Menu tumis tempe sayuran bisa jadi santapan yang menyehatkan. Pasalnya, menumis tempe minim menggunakan minyak yang merupakan sumber kalori terbesar dan pantangan bagi penderita obesitas untuk mengonsumsi kalori yang begitu besar. Menu ini bisa divariasikan dengan ayam atau daging agar meningkatkan nafsu makan.

5. Smoothies

Smoothies merupakan campuran buah, susu, yogurt, dan bubuk protein yang biasanya dikonsumsi untuk pembentukan tubuh. Beragamnya campuran tersebut membuat smoothies mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, vitamin B kompleks, hingga protein yang membuat rasa kenyang bertahan lama, sehingga bisa dikonsumsi ketika sahur. Terlebih dalam porsi smoothies memiliki kurang lebih 400 kalori.

Adapun beberapa makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita obesitas, yakni

1. Gula pasir atau guka merah
2. Sirup
3. Kue manis dan gurih
4. Selai
5. Cokelat
6. Permen
7. Nasi
8. Minuman kemasan
9. Alkohol
10. Makanan tinggi lemak
11. Gorengan
12. Daging olahan
13. Makanan cepat saji
14. Minuman bersoda
15. Makanan dengan olahan tepung

Semua itu harus diimbangi juga dengan berolahraga agar semua nutrisi di dalam tubuh bisa tersalurkan secara optimal dan menjaga berat badan menjadi ideal.

Sebagai informasi, rekomendasi diatas bisa saja tidak sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan metode yang digunakan bisa disesuaikan keadaan tubuh Anda. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro