Ulat bulu/luiisinheaven.blogspot.com
Health

Wabah Ulat Bulu Meningkat, Ini Cara Mengatasi Gigitan Ulat Bulu Pada Tubuh

Redaksi
Senin, 15 April 2024 - 10:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wabah ulat bulu meningkat di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di sekitar Jawa Tengah. Wabah yang muncul akibat adanya pepohonan yang rindang dan kering, membuat pertumbuhan ulat bulu semakin meningkat setiap harinya.

Dilansir dari wikihow.com, Senin (15/4/20240, musim penghujan yang selalu datang, membuat pertumbuhan ulat bulu meningkat dan tumbuh di sekitar rumput, serta pohon yang dapat menjalar ke wilayah lainnya.

Ulat bulu akan menjalar ke area halaman, hingga pekarangan rumah para penduduk desa. Gigitan dan dampak yang diberikan apabila terkena ulat bulu, akan membahayakan kesehatan kulit pada tubuh manusia.

Apabila Anda terkena gigitan ulat bulu, maka efek yang ditimbulkan adalah bentol merah pada bagian tubuh, rasa panas, gatal, serta membuat permukaan kulit menjadi kaku untuk bergerak. Maka dari itu, Anda memerlukan pertolongan khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Cara mengatasi gigitan ulat bulu pada tubuh adalah:

1. Bersihkan ulat bulu yang menempel di badan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan atau membuang ulat bulu yang menempel pada tubuh. Anda dapat membersihkan menggunakan barang lain, asal tidak menggunakan tangan kosong untuk mengambilnya. 

Tujuannya adalah untuk memberikan pencegahan, sebelum rasa gatal menjalar ke bagian tubuh lainnya.

2. Bersihkan sisa bulu menggunakan perban atau solatip

Setelah membersihkan ulat bulu yang menempel, cara selanjutnya adalah membersihkan sisa bulu yang menempel menggunakan solatip atau pinggiran perban. 

Tujuannya adalah untuk mengangkat segala sisa bulu yang ada, dan menghindari gigitan yang menjalar ke area tubuh lainnya.


3. Bersihkan area yang terkena gigitan menggunakan air bersih yang mengalir

Apabila ulat bulu sudah terangkat, maka biarkan bagian tubuh yang terkena gigitan, dicuci menggunakan air bersih yang mengalir. Bila perlu, bersihkan menggunakan sabun untuk menghilangkan bakteri ataupun kuman yang menempel pada tubuh.


4. Mengompres dengan air dingin

Mengompres area yang terkena gigitan ulat bulu dengan air dingin akan memberikan efek mengurangi rasa sakit dan gatal yang terjadi pada tubuh. Anda dapat mengompres secara berkala, supaya penyebaran rasa gatal dan sakit tersebut, tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya.


5. Cara tradisional menggunakan pasta gigi dan baking soda

Campurkan baking soda dan pasta gigi secukupnya, lalu aduk hingga merata. Ratakan pada area kulit yang terkena gigitan ulat bulu, dan gunakan secara berkala. Hal ini mampu menghilangkan rasa gatal yang berlebih pada tubuh. 


6. Gunakan krim hidrokortison

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan krim hidrokortison pada bagian tubuh yang terkena gigitan. Pastikan kondisi kulit dalam keadaan bersih sebelum diberikan krim tersebut. Gunakan secara berkala, dan sesuai dengan resep dokter yang ada.


7. Periksa ke dokter apabila terjadi efek yang mengganggu

Apabila pertolongan pertama sudah diberikan dan tidak ditemukan adanya perubahan yang signifikan, maka yang harus dilakukan adalah melakukan konsultasi kepada dokter terkait penyembuhan yang dilakukan.

Anda akan mendapatkan pengobatan yang tepat, dengan jenis obat dan takaran yang sesuai dengan kebutuhan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro