Destinasi wisata Bandung - Jalan Braga/jabarprov.go.id
Travel

7 Destinasi Wisata Kota Bandung yang Jadi Favorit saat Libur Lebaran

Dea Andriyawan
Senin, 15 April 2024 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG— Kota Bandung menjadi destinasi favorit dalam mengisi libur Lebaran 2024. Hampir setiap hari sejak H+1 Lebaran, Kota Bandung dipadati kendaraan berpelat nomor luar kota.

Sejumlah destinasi pun menjadi tempat favorit pemudik dalam menghabiskan waktunya bersama keluarga. 

Berikut destinasi wisata favorit di Bandung yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan saat libut Lebaran 2024:

1. Kiara Artha Park

Terletak di Jalan Banten, Kiara Artha Park menawarkan berbagai fasilitas menarik bagi wisatawan yang menghabiskan sisa libur akhir pekan, khususnya di ruang terbuka hijau.

Di Kiara Artha Park, pengunjung terpantau sangat menikmati keindahan alam, berjalan-jalan di taman yang hijau, serta berbagai aktivitas seru seperti bersepeda, bermain air, atau piknik bersama keluarga dan teman-teman.

Dengan lokasinya yang strategis, Kiara Artha Park menjadi tempat yang banyak dikunjungi saat lebaran bersama keluarga tercinta.

Kiara Artha Park pun menawarkan beragam fasilitas menarik, mulai dari taman yang hijau dan luas, air mancur menari, kawasan kuliner, hingga kemudahan berkeliling area taman dan danau dengan menggunakan sepeda listrik.

Tiket masuknya pun relatif murah. Cukup merogoh saku sebesar Rp10.000, Anda sudah bisa masuk ke sini. Namun, perlu dicatat, pada akhir pekan, tarif masuk ke Kiara Artha Park dibanderol Rp15.000.

2. Babakan Siliwangi

Di kawasan ini, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana hutan kota. Jembatan sepanjang kurang lebih dari 2 kilometer bisa dijajaki, sembari olahraga berjalan kaki. Pengunjung pun bisa melepaskan kepenatan dengan menyusuri hutan kota.

Selain itu, di kawasan Babakan Siliwangi juga terdapat tempat seni pertunjukan dan kedai kopi untuk anda nikmati dengan bersantai sejenak.

Letaknya di Jalan Tamansari Nomor 73 Kota Bandung. Patokannya tidak jauh dari Gedung Sabuga ITB.

3. Teras Cikapundung 

Tempat ini cukup luas dan memiliki suasana nyaman dan asri yang menjadikannya sasaran pemudik untuk berlibur. Teras Cikapundung di samping jembatan Jalan Siliwangi menjadi estetik oleh hasil lomba desain bantaran Cikapundung yang dimenangkan oleh arsitek dari Makassar.

Lebih dari itu, tempat ini juga menawarkan banyak daya tarik, seperti jembatan merah, pemandangan sungai, wahana rafting, terapi ikan, hingga pertunjukan air mancur yang biasa diadakan di akhir pekan. 

Beberapa daya tarik ini dapat dinikmati dengan membayar harga mulai Rp10.000 saja.

4. Bandros

Wahana ini menjadi favorit pemudik di Kota Bandung untuk berwisata. Pengunjung jadi tak repot lagi dengan membawa kendaraan sendiri untuk menikmati Kota Kembang. 

Uniknya, Bandung Tour on Bus atau dikenal dengan sebutan Bandros memiliki tampilan yang warna yang cerah seperti merah, kuning, ungu, merah muda dan hijau.

Tarif yang ditawarkan juga sangat murah. Dengan menggocek uang sebesar Rp20.000 wisatawan sudah bisa keliling kota Bandung.

Destinasi Wisata Bandung - Bandung Tour on Bus
Destinasi Wisata Bandung - Bandung Tour on Bus

5. Braga

Jalan Braga pun tak luput dari serbuan pemudik yang berwisata di Kota Bandung. Braga memang telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di pusat Kota Bandung. Kawasan ini memiliki banyak daya tarik yang bisa dijajal wisatawan.

Dari mulai wisata kuliner di restoran dan kafe, aktivitas seni, fotografi, dan berbagai aktivitas lain bisa dilakukan di kawasan bersejarah ini. Wisatawan yang berkunjung ke Bandung, wajib menjejakkan kaki di kawasan ini.

6. Tepi Kota Healing

Dengan tiket masuk Rp10.000, pengunjung memadati tempat wisata ini yang memiliki beragam fasilitas. Di tempat ini, aktivitas luar ruangnya ramah untuk anak-anak juga cocok dikunjungi bersama keluarga. 

Tepi Kota Healing berlokasi di Jalan Padang Golf No 1 Arcamanik, Kota Bandung. Jika ingin mencoba wahana permainan akan ada biaya tambahan sekitar Rp10.000 hingga Rp40.000.

Pengunjung juga disana menikmati aktivitas seru lainnya, seperti besepeda atau naik skuter listrik mengelilingi tempat wisata. Terdapat juga berbagai spot foto, area bermain anak seperti flying fox, seluncuran, kereta air dan masih banyak lagi. 

Setelah lelah bermain dan perut mulai keroncong, pengunjung pun santap siang di restoran, Warung Lodeh atau tempat ngopi yang ada di dalam Tepi Kota Healing. Harganya juga ramah di kantong. 

7. Playground Monumen Perjuangan

Usai direvitalisasi pada akhir tahun lalu, taman ini menjadi lebih tertata dan indah dipandang. Taman Monju memiliki dua kawasan taman yang dapat diakses secara gratis oleh warga dan menjadikannya tempat favorit lainnya di Kota Bandung.

Di sana ada gundukan maupun seluncuran rumput sintetis yang bisa menjadi wahana bermain bagi anak-anak.

Selain itu, ada juga pelbagai wahana playground bagi si kecil. Mulai dari ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, sampai alat gym semuanya bisa digunakan dengan bebas. Bahkan, banyak wisatawan yang mengabadikan momen kebersamaan di setiap spotnya yang memang Instagramable.

Destinasi Wisata Bandung - Playground Monumen Perjuangan
Destinasi Wisata Bandung - Playground Monumen Perjuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro