Pemeriksaan diabetes/istimewa
Health

Simak Tips Menurunkan Risiko Diabetes

Redaksi
Kamis, 18 April 2024 - 18:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes bisa terjadi kepada siapa saja mulai dari anak-anak, dewasa hingga lanjut usia yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup tidak sehat, berat badan berlebih, genetik dan usia.

Agar terhindar dari penyakit ini diperlukan gaya hidup yang sehat dengan memperhatikan segala aspek yang dijalani baik dari segi makanan maupun aktivitas.

Dilansir dari sunlife.com, diabetes menjadi salah satu penyakit yang dapat membahayakan penderitanya apabila tidak mendapatkan penanganan serta pencegahan yang tepat.

Simak tips menurunkan risiko terkena diabetes:

1. Makan makanan yang seimbang

Pola makan tidak sehat menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan yang dapat memicu dalam meningkatkan risiko terkena diabetes untuk itu upaya yang dapat dilakukan dalam menurunkan risiko terkena penyakit ini yakni dengan menjaga pola makan yang lebih sehat.

Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi serta nutrisi yang seimbang seperti buah dan sayur. Mengonsumi makanan tersebut akan membantu dalam memberikan sistem kekebalan yang baik pada tubuh serta menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes melalui kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Berikut makanan lainnya yang dapat dikonsumsi

1. Pilih karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat olahan yakni seperti nasi merah atau roti gandum.

2. Mengganti daging merah dengan unggas, ikan, atau sumber protein nabati seperti kacang merah, buncis, tahu, lentil, dan edamame

3. Beralih kelemak dan minyak sehat yang terbuat dari kacang-kacangan, zaitun, alpukat, kanola dan ikan. 

4. Memilih air, kopi dan teh dibandingkan minuman manis dan alkohol

2. Olahraga yang teratur

Upaya yang dapat dilakukan dalam menurunkan risiko terkena penyakit diabetes yakni dengan menjalani gaya hidup sehat seperti melakukan kegiatan fisik olahraga.

Mulai sekarang cobalah untuk berolahraga dengan teratur setiap harinya selama 15 - 30 menit. Olahraga yang teratur tidak hanya dapat mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin akan tetapi juga dapat membakar kelebihan kalori dan membangun massa tubuh tanpa lemak.

Berikut jenis olahraga yang dapat dijalani

1. Bersepeda

2. Tenis

3. Jogging

4. Lari

5. Berenang

6. Jalan cepat

7. Hiking

8. Bulu tangkis

9. Bola basket

10. Sepak bola

3. Tidur yang cukup

Gaya hidup sehat bukan hanya tentang aktivitas fisik dan asupan makanan yang dikonsumsi saja akan tetapi juga menyangkut kualitas tidur yang dijalani. Apabila orang tidak mendapatkan jam tidur yang benar maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti pusing, depresi hingga memicu peningkatan risiko terkena diabetes.

Agar terhindar dari penyakit kronis diabetes ini maka mulai sekarang cobalah untuk mengubah kualitas tidur yang lebih baik lagi dengan durasi waktu tidur 7 - 8 jam dalam sehari.

Jika sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik maka langkah yang dapat diambil yakni hindarilah makanan atau minuman yang mengandung kafein,  jauhkan perangkat elektronik pada malam hari, dan mandi menggunakan air hangat.

4. Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat jadi apabila ingin menurunkan risiko terkena diabetes mulai sekarang cobalah untuk mengurangi jumlah konsumsi rokok setiap harinya.

Pada faktanya diabtes tipe 2 merupakan jenis penyakit kronis yang paling banyak dialami oleh para perokok aktif. Kondisi tersebut bisa terjadi melalui kandungan nikotin yang terdapat pada rokok, kandungan inilah yang akhirnya merusak sel pankreas yang mempunyai peran penting dalam memproduksi insulin sehingga menjadi pemicu tingkat risiko diabetes yang lebih tinggi.

5. Pemeriksaan kesehatan secara berkala

Banyak orang yang mengabaikan pemeriksaan kesehatan karena merasa bahwa dirinya tidak mengalami masalah. Namun tindakan tersebut salah, memeriksa kesehatan secara berkala dilakukan bukan hanya saat tubuh mengalami masalah saja akan tetapi juga dilakukan ketika tubuh juga dalam keadaan baik-baik saja karena terkadang beberapa penyakit tidak langsung memberikan dampak atau efek pada tubuh.

Mulai sekarang cobalah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sebagai upaya dalam menurunkan risiko terkena diabetes karena saat melakukan pemeriksaan akan terlihat apakah tubuh memiliki risiko tinggi diabetes melalui berat badan yang dimiliki, faktor genetik, dan gaya hidup yang dijalani.

6. Mengelola stres

Stres menjadi salah satu pemicu yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, hal tersebut bisa terjadi karena ketika tubuh mengalami stres maka produksi hormon dalam tubuh akan tidak stabil sehingga dapat mempengaruhi resistensi insulin yang menjadi pemicu diabetes.

Mulai sekarang cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Cara yang dapat dilakukan yakni jangan memikirkan hal yang sebenarnya belum tentu akan terjadi, ubah pikiran negatif dengan pikiran yang jauh positif yakni melalui beberapa kegiatan yang disenangi misalnya seperti berkebun, bersepeda, membaca buku, yoga, dan meditasi.

7. Menjaga porsi makan

Salah satu faktor penyebab meningkatnya risiko terkena diabetes yakni dari berat badan yang berlebih untuk itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga jumlah porsi makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Mulai sekarang cobalah untuk mengatur jumlah porsi makanan yang akan masuk kedalam tubuh, jika hal ini sulit dilakukan maka mulailah dengan memilih piring yang lebih kecil dari biasanya. Tindakan ini dapat membantu dalam mengatur jumlah porsi yang akan diambil dalam setiap asupan yang dikonsumsi. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro