Pejalan kaki di dekat Stasiun Akihabara, Tokyo, Jepang pada Kamis (30/3/2023). - Bloomberg/Shoko Takayasu
Health

10 Negara dengan Penduduk Termalas Berjalan Kaki: Indonesia Diposisi Teratas

Redaksi
Selasa, 23 April 2024 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Terdapat penelitian yang dilakukan para peneliti Stanford University untuk mengkaji seberapa aktif penduduk di suatu negara dalam hal berjalan kaki. Mereka melacak ponsel dari 717 ribu orang di 111 negara.

Hal itu diberitakan lewat laman resmi Stanford University. Tak hanya itu, dari penelitian tersebut para peneliti juga memperkirakan tingkat obesitas dan masalah kesehatan di suatu negara yang mungkin terjadi akibat tidak aktif bergerak.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 itu menunjukan bahwa negara di bagian benua eropa sangat sering berjalan kaki dengan rata-rata 6000 langkah per harinya.  

Tak jauh berbeda, penduduk di Hong Kong juga menjadi negara paling aktif berjalan kaki dengan rata-rata 6.800 langkah setiap harinya.

Penduduk negara yang malas berjalan kaki:

1.  Indonesia

Walaupun masih dalam satu lingkup benua Asia, Indonesia terlampau jauh dari Tiongkok sebagai yang memiliki penduduk aktif berjalan kaki. Pasalnya, rata-rata penduduk Indonesia hanya menghabiskan 3.513 langkah setiap harinya.

2.   Arab Saudi

Negara yang terletak di kawasan gurun pasir ini juga termasuk sebagai negara yang memiliki penduduk malas berjalan kaki, di mana rata-rata penduduknya hanya berjalan 3.807 langkah per harinya.

3. Malaysia

Bergeser ke negara tetangga, Malaysia, ternyata jauh lebih baik dibandingkan Indonesia dalam hal berjalan kaki. Aktivitas penduduk Malaysia untuk berjalan kaki tercatat 3.963 langkah setiap hari.

4. Venezuela

Terbang ke bagian negara Amerika Latin, Venezuela yang memiliki penduduk dengan aktivitas jalan kaki terendah. Penduduk yang tinggal di negara dengan  julukan ‘The Land of Grace” hanya menghabiskan 4.000 langkah per hari.

5. Qatar

Penduduk negara yang berada di kawasan Timur Tengah ini ternyata sedikit lebih aktif berjalan kaki. Terhitung, warganya berjalan sebanyak 4.158 per harinya.  

6. Brasil

Masih satu ruang lingkup benua Amerika, penduduk Brasil sedikit lebih aktif berjalan kaki karena tercatat 4.289 langkah per hari.

7. India

Negara yang termasuk memiliki jumlah penduduk terpadat di dunia ini ternyata tidak terlalu malas untuk berjalan kaki. Pasalnya, penduduk di sana menghabiskan 4.297 langkah per hari.

8. Mesir

Dibandingkan Arab, penduduk Mesir jauh lebih bersemangat untuk berjalan kaki karena para warganya menghabiskan 4.315 langkah tiap hari.

9. Amerika

Penduduk di negara adidaya, Amerika Serikat, cukup aktif berjalan kaki.  Tercatat, setidaknya warga di negeri paman sam itu berjalan sebanyak 4.774 langkah per harinya.

10. Inggris

Negara dengan sistem pemerintahan Monarki ini ternyata memiliki kegemaran berjalan kaki. Pasalnya, warga yang dipimpin oleh pangeran Charles III itu berjalan sebanyak 5.444 langkah per harinya. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro