Ilustrasi/Naturalsignificance
Relationship

Ini Tips Agar Tetap Harmonis saat LDR

Redaksi
Sabtu, 11 Mei 2024 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak pasangan yang mengalami masalah seperti kesalahpahaman ketika menjalin hubungan jarak jauh atau LDR. Kondisi ini mengakibatkan hubungan menjadi tidak harmonis.

Dilansir dari instituteofclinicalhypnosis.com dan arraybc.com, Sabtu (11/5/2024) apabila Anda mempunyai hubungan tidak harmonis selama LDR, maka bisa memicu timbulnya rasa ketidakpercayaan terhadap pasangan, kecemburuan berlebihan, dan berkurangnya cinta serta kasih sayang.

Karena itu, Anda wajib mengetahui beberapa tips untuk menjaga keharmonisan hubungan selama LDR, agar masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan tepat dan cepat.

Simak Tips Tetap Harmonis Saat LDR

1. Komunikasi teratur 

Komunikasi mempunyai peran penting dalam hubungan yang dijalin, apabila komunikasi tidak berjalan lancar bisa menimbulkan kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Mulai sekarang, Anda dan pasangan wajib mendiskusikan komunikasi seperti apa yang diinginkan dalam hubungan, misalnya hanya berkomunikasi setelah melakukan semua kegiatan atau selalu harus berkomunikasi sepanjang hari. Menentukan tipe komunikasi bisa meminimalkan masalah dalam hubungan, sehingga keharmonisan dapat tercipta.

2. Jujur

Jika Anda sedang menjalin hubungan LDR wajib untuk selalu terbuka dan jujur terhadap pasangan, sikap ini membantu mengurangi permasalahan yang akan terjadi. Selain itu, kejujuran juga menciptakan kepercayaan satu sama lain sehingga keharmonisan hubungan tetap terjaga.

3. Percaya terhadap pasangan

Hubungan LDR lebih rentan mengalami permasalahan yang sulit diselesaikan, kondisi ini disebabkan karena kurangnya kepercayaan terhadap pasangan akibat kurangnya waktu bersama.

Mulai sekarang, Anda dan pasangan wajib menanamkan kepercayaan satu sama lain, dapat dilakukan melalui kegiatan diskusi untuk membahas kekurangan selama menjalankan hubungan.

4. Melakukan kegiatan

Komunikasi saja tidak cukup untuk menjaga keharmonisan dalam hubungan, Anda dan pasangan juga perlu melakukan kegiatan positif yang bisa mempererat hubungan meskipun LDR. Mulai sekarang sempatkan waktu bersama pasangan untuk menonton film bersama, berlibur, memasak, atau melakukan hobi yang disukai.

5. Menjadwalkan waktu pertemuan

Tidak sedikit pasangan LDR mengalami masalah akibat faktor cemburu berlebihan, perasaan ini timbul karena kurangnya waktu bersama pasangan. Mulai sekarang, Anda wajib melakukan diskusi untuk menentukan jadwal pertemuan, misalnya seminggu sekali, sebulan sekali, atau setahun 3 kali. Pertemuan ini dapat membantu menjaga hubungan tetap harmonis.

6. Menikmati waktu sendiri

Sebagian orang yang menjalani LDR, cenderung memiliki tingkat stres cukup tinggi akibat permasalahan yang dialami. Kondisi ini dapat memperburuk hubungan yang dijalani seperti hilangnya keharmonisan dan timbulnya kecemasan dalam hubungan.

Karena itu, Anda harus mengalihkan pikiran negatif dengan memfokuskan sejenak pikiran ke diri sendiri. Nikmati dan gunakan waktu ini untuk melakukan kegiatan positif, agar pikiran dan hati bisa mendapatkan ketenangan kembali.

7. Memberikan hadiah

Pasangan yang LDR cenderung lebih cepat mengalami kerinduan kepada pasangan akibat kurangnya memiliki waktu bersama untuk bertemu. Karena itu, memberikan hadiah kepada pasangan seperti liontin kecil, cincin, gantungan kunci, kumpulan lagu dan video, kartu atau sketsa buatan sendiri menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengobati rasa rindu. (Nur Afifah Azahra Aulia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro