Ragam Manfaat Kunyit, dari Cegah Kanker dan Rawat Organ Tubuh /Litbang Kemendagri
Health

Ragam Manfaat Kunyit, dari Anti Radang hingga Cegah Kanker

Redaksi
Kamis, 16 Mei 2024 - 13:17
Bagikan

6. Obat Alergi

Kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit berfungsi sebagai senyawa anti-alergi, sehingga membantu menghilangkan gatal-gatal pada tubuh. Senyawa ini menghambat aktivitas protein berlebihan pada tubuh yang mencegah pelepasan zat histamine. Zat tersebut adalah salah satu zat kimia yang diproduksi ketika tubuh mengalami alergi.

7. Menjaga Kesehatan Hati

Sebagai salah satu organ ekskresi, hati berfungsi untuk menyaring sel darah merah yang sudah rusak. Dengan mengonsumsi kunyit, dapat membantu meningkatkan cairan empedu pada pencernaan dan melindungi sel pada organ hati dari paparan zat kimia yang berlebihan

8. Menjaga Kesehatan Otak

Kunyit membantu meningkatkan neurotropik pada otak yang berperan dalam mengingat memori, pembelajaran, dan kemampuan kognitif. Banyak gangguan otak dikaitkan dengan penurunan jumlah neurotropik sehingga kesehatan otak dapat terganggu. Mengonsumsi kunyit dengan rutin dapat menambahkan jumlah neurotropik.

9. Menekan Risiko Kanker

Mengonsumsi kunyit tidak hanya menjaga kesehatan otak dan hati, tapi menekan risiko terjadinya kanker ganas. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membasmi sel tumor ganas penyebab kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, kunyit juga mencegah penyebaran kanker yang mampu menyebabkan komplikasi kesehatan yang berujung pada kematian.

10. Menstabilkan Gula Darah

Mengonsumsi kunyit secara rutin dapat menstabilkan gula darah penyebab diabetes tipe 1 dan 2. Kandungan dalam kunyit akan menekan kadar glukosa dan meningkatkan insulin, sehingga gejala diabetes mudah ditangani. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro