Buah pinang memiliki manfaat bagi kesehatan
Health

7 Manfaat Buah Pinang yang Baik Bagi Sejumlah Kesehatan

Redaksi
Senin, 20 Mei 2024 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pinang merupakan salah satu jenis buah maupun tumbuhan yang banyak digunakan oleh masyarakat tradisional, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Buah pinang memiliki kandungan senyawa Arecaidine yang bersifat Astringent dan Hemostatik dari zat tanin yang mampu menghilangkan bau mulut dan menjaga kesehatan gusi. Penggunaan buah pinang digunakan bersama dengan campuran daun sirih dan kapur sirih, untuk menghasilkan gigi yang bersih dan sehat.

Menurut WHO, tanaman sirih masuk ke dalam kategori tanaman obat dengan berbagai khasiat yang menguntungkan bagi kesehatan. Hal tersebut yang membuat tanaman sirih banyak digunakan dalam setiap jenis produk obat-obatan maupun media pengobatan secara tradisional.

Namun, mengonsumsi buah pinang tidak hanya baik bagi kesehatan mulut dan gigi saja. Dilansir pharmeasy.in, simak 7 manfaat konsumsi buah pinang bagi sejumlah kesehatan:

1. Mengelola kadar glukosa dalam darah

Kadar glukosa di dalam darah, harus dijaga dan dikelola dengan baik, supaya kadar gula darah di dalam tubuh tidak mengalami peningkatan, dan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebuah studi di tahun 2021 menyatakan bahwa konsumsi sirih dan buah pinang, mampu mengatasi peningkatan kadar glukosa dalam darah. 

Hal tersebut dihasilkan oleh adanya efek alkaloid seperti arecoline dan guvacoline. Untuk mempertegas pernyataan tersebut, Anda dapat melakukan konsultasi kepada dokter, terkait manfaat dan cara mengonsumsi buah pinang yang baik bagi kesehatan.

2. Mengontrol tekanan darah

Dalam mengontrol tekanan darah manusia, diperlukan beberapa cara dan penanganan yang cukup tepat. Anda dapat melakukanya dengan berolahraga, mengubah pola hidup, dan menjaga kualitas makanan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumi buah pinang. 

Berdasarkan studi literatur di tahun 2021, sirih dan buah pinang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Konsumsi sirih dan buah pinang, dapat dilakukan sebagai alternatif yang tepat untuk menghindari risiko penyakit kronis lain.

Namun, jika Anda memiliki riwayat hipertensi akut, lakukan konsultasi kepada dokter terkait pemeriksaan dan pengobatan yang dilakukan secara rutin setiap 1 kali dalam sebulan.

3. Mengatasi alergi dan iritasi kulit

Sebuah studi pada tahun 2015, menunjukkan bahwa konsumsi sirih dan buah pinang berpotensi mengatasi permasalahan yang terjadi pada kulit. Hal tersebut dikaitkan dengan manfaat sirih yang baik untuk mengurangi peradangan, sehingga cocok dalam mengatasi alergi dan iritasi pada kulit.

4. Mengelola sistem pencernaan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Chen dan kawan-kawan pada tahun 2021, menunjukkan bahwa alkaloid yang terdapat di dalam sirih dan buah pinang, meningkatkan sekresi air liur dan kontraksi sistem pencernaan pada manusia. Buah pinang mampu mengatasi sembelit dan memperlancar sistem pencernaan secara baik dan efektif.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro