Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan/Freepik.com
Health

7 Jenis Rempah Bisa Bantu Turunkan Kadar Darah Tinggi

Redaksi
Selasa, 28 Mei 2024 - 16:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa memicu penyakit serius lainnya. Selain obat kimia, ada beberapa jenis rempah yang bisa bantu menstabilkan kadar darah dalam tubuh.

Gaya hidup tidak sehat seperti jarang berolahraga atau sering mengonsumsi makanan tinggi garam, dapat menjadi faktor penyebab kenaikan kadar tekanan darah.

Saat ini, banyak orang yang mengonsumsi obat kimia dalam upaya menurunkan tekanan darah. Namun, penggunaan bahan kimia dalam jangka panjang bisa berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Karena itu, alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan beralih menggunakan herbal seperti rempah.

Dilansir dari pharmeasy.in dan hopkinsmedicine.org, Selasa (28/5/2024) para peneliti menemukan terdapat lebih dari 100 rempah yang umum digunakan dalam masakan di seluruh dunia, beberapa diantaranya telah terbukti menjadi sumber antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan.

Berikut Jenis Rempah Bisa Bantu Turunkan Kadar Darah Tinggi

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa aktif yaitu allicin yang memberikan bau khas pada rempah ini. Adapun manfaat yang diberikan, seperti dapat membantu melancarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi, yang semuanya mempunyai peran dalam meningkatkan kesehatan jantung.

2. Seledri

Sebuah penelitian menemukan, ekstrak biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menghambat saluran kalsium alami. Selain itu, seledri juga aman dikonsumsi ibu hamil yang ingin menstabilkan tekanan darah.

Adapun manfaat lainnya, konsumsi seledri dicampurkan cuka bisa meredakan pusing, sakit kepala, dan nyeri bahu yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

3. Kemangi

Kemangi mengandung eugenol yaitu antioksidan nabati yang dapat menstabilkan tekanan darah dan relaksasi pembuluh darah. Senyawa ini, bekerja dengan cara menghambat saluran kalsium alami yang menyebabkan kenaikan kadar darah dalam tubuh.

4. Jahe

Jahe mempunyai kandungan senyawa yang mekanisme kerjanya mirip dengan obat darah tinggi, seperti ACE inhibitor dan calcium-channel blocker (CCB). Karena itu, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain meningkatkan kinerja jantung, mengontrol kolesterol, dan menstabilkan tekanan darah.

5. Kayu manis

Menurut Jurnal Nutrition, kayu manis menjadi salah satu rempah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik atau diastolik. Efek ini bisa lebih efektif, apabila seseorang mengonsumsi kayu manis selama 12 hari.

Selain itu, kayu manis juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida yang tinggi.

6. Kapulaga

Rempah manis ini mengandung antioksidan yang membantu menghambat saluran kalsium alami, sehingga dapat berkontribusi untuk menstabilkan kadar tekanan darah dalam tubuh.

Selain itu, kapulaga juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja jantung, pencernaan, mulut, dan menangkal radikal bebas.

7. Basil

Basil mempunyai kandungan eugenol yang mampu menghambat reaksi kalsium, sehingga dapat membantu melebarkan serta mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Selain itu, kandungan rempah ini memiliki cara kerja yang sama dengan obat hipertensi, seperti obat golongan calcium-channel blocker yaitu amlodipin dan nifedipin.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro