Australia/pegipegi
Travel

Australia Jadi Negara Favorit untuk Bekerja di Luar Negeri, Indonesia Nomor Berapa?

Mutiara Nabila
Rabu, 5 Juni 2024 - 08:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap tahunnya banyak orang-orang yang berminat untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Dari seluruh negara di dunia, Australia menjadi tujuan utama, lantaran diyakini bisa memberikan kondisi kerja, ekonomi dan finansial yang lebih baik. 

Berdasarkan riset yang dirilis Jobstreet by SEEK bekerja sama dengan Boston Consulting Group kepada 150.000 responden sepanjang 2023. Negara-negara berbahasa Inggris menjadi tujuan utama untuk orang-orang di seluruh dunia memutuskan pindah kerja ke luar negeri.

"Hal ini karena mungkin di negara yang berbahasa Inggris kita bisa lebih gampang adaptasinya," kata Wisnu Dharmawan, Sales Director Jobstreet by SEEK Indonesia dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Kemudian negara-negara maju juga menjadi pilihan karena kaitannya dengan kemampuan para pencari kerja yang lebih bisa mendapatkan manfaat ekonomi dan finansial. 

Dalam riset tersebut ditemukan bahwa Australia menjadi tujuan favorit, disusul oleh Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. 

Negara-negara Eropa lainnya yang juga masuk dalam 10 besar adalah Prancis, Spanyol, dan Swiss. Sementara itu, di Asia, Singapura dan Jepang menjadi tujuan favorit. 

Kemudian, dari sisi kota, London mempertahankan kemenangannya menjadi kota tujuan terbanyak untuk bekerja sejak 2014, disusul oleh Amsterdam, Abu Dhabi, Dubai, dan New York.  

Adapun, jenis pekerjaan yang dicari di luar negeri umumnya adalah untuk bidang sains dan teknologi. Pasalnya, kata Wisnu, negara maju umumnya sudah lebih dulu menerapkan kemajuan-kemajuan teknologi dan lebih banyak membutuhkan tenaga kerja di bidang tersebut.   

Lantas di mana posisi Indonesia? 

Berdasarkan laporan tersebut, Indonesia terlihat semakin menarik untuk para pekerja luar negeri. Sampai dengan 2020 Indonesia bertahan di peringkat 51. Sementara pada 2023, peringkatnya naik ke 33. 

Whisnu mengungkapkan, saat ini semakin banyak orang luar negeri yang mau pindah kerja ke Indonesia karena budayanya yang ramah dan inklusif, lingkungannya yang ramah, dan biaya hidup yang rendah. 

Orang luar negeri yang berminat bekerja di Indonesia banyak datang dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. 

"Ini mungkin karena jaraknya yang lebih dekat, tapi ada juga negara lain tapi jumlahnya 1%.

Adapun, Wisnu mengatakan, di Indonesia tidak ada bidang spesifik yang dicari oleh pekerja dari luar negeri. 

Namun, umumnya pekerja dari luar negeri bisa mengejar pekerjaan dengan skill atau kemampuan tingkat tinggi seperti di bidang Agrikultir, Energi, Digitalisasi, Manajemen Bisnis, dan IT yang belum banyak berkembang sumber daya manusianya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro