Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata yang disukai
Travel

Rekomendasi Tempat Wisata Seru Jelang Libur Sekolah Anak

Mutiara Nabila
Senin, 10 Juni 2024 - 16:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Anak sekolah dari SD sampai SMA sudah menyelesaikan masa ujian sekolah (US) dan bakal segera libur panjang menjelang kenaikan kelas.

Sekolah di DKI Jakarta akan mulai libur sejak 22 Juni sampai 6 Juli 2024. Kemudian di wilayah lain seperti Jawa Tengah dan libur lebih lama hingga 20 Juli 2024 dan di Jawa Timur sampai 13 Juli 2024.

Sementara itu, di Jawa Barat libur sekolah baru akan dimulai pada 1 Juli sampai 13 Juli 2024.

Untuk mengisi waktu liburan, anak-anak tak hanya bisa diam atau main di sekitaran rumah saja. Momentum ini bisa dimanfaatkan juga oleh orang tua untuk mengajak anak-anaknya liburan.

Mengutip Tiket.com, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata untuk liburan sekolah yang menyenangkan dan aman bagi anak-anak:

1. Jakarta

Di Jakarta terdapat berbagai pilihan wisata liburan sekolah yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga wisata kekinian antara lain, Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan, dan menjelajahi Ancol dengan berkunjung ke Dufan atau Sea World.

2. Malang

Kota Malang cukup underrated atau kurang terkenal untuk wisata liburan anak sekolah. Padahal, di sana ada berbagai objek wisata yang menarik sekaligus mendidik untuk anak, di antaranya, Jatim Park 1 dan Museum Angkut. Selain itu, ada pula Batu Night Spectacular, serta Kampung Jodipan yang penuh warna.

3. Yogyakarta

Yogyakarta juga tak kalah menarik untuk dikunjungi saat liburan sekolah. Wisata Yogyakarta befitu lengkap dengan kuliner khas, tempat bersejarah, hingga alam yang memukau. Beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi antara lain Jalan Malioboro, Candi Prambanan, serta Taman Pintar, kebun binatang Gembira Loka, dan masih banyak lagi.

4. Bandung

Bandung bisa menjadi destinasi wisata yang mudag dijangkau khususnya bagi warga Jakarta. Beberapa tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi saat liburan sekolah antara lain, Ranca Upas, Kawah Putih, Farmhouse Susu Lembang, Bandung Zoo dan masih banyak lagi.

5. Semarang

Semarang juga menjadi salah satu tempat yang kurang terkenal untuk dikunjungi saat liburan anak sekolah. Beberapa tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi antara lain, Kampung Batik, Saloka Theme Park, serta The Wujil Aquapark.

6. Medan

Buat yang tertarik menjelajahi Pulau Sumatera, Medan juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata liburan sekolah yang menarik. Beberapa tempat wisata di Medan yang wajib kamu kunjungi antara lain, Hairos Waterpark, Bukit Lawang, hingga Museum Tjong A Fie Mansion.

7. Surabaya

Surabaya tidak hanya kita bisnis, dan kulineran. Ada juga sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi saat liburan sekolah. Beberapa tempat wisata di Surabaya antara lain, Suncity Waterpark, Blockbuster Museum, hingga Hutan Bambu Keputih.

8. Pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru juga tak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan. Ada banyak tempat rekreasi seperti taman rekreasi, museum, dan tempat-tempat bersejarah yang bisa dikunjungi, antara lain, Asia Farm Theme Park, Candi Muara Takus, Labersa Waterpark, dan masih banyak lagi.

9. Palembang

Palembang yang dijuluki Kota Pempek juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata liburan sekolah. Beberapa tempat wisata di Palembang yang bisa kamu kunjungi, antara lain, Opi Water Fun Palembang, Amanzi Water Park, hingga Masjid Agung Palembang.

10. Bogor

Lebih dekat lagi dari Jakarta, Bogor bisa dijadikan opsi untuk yang ingin liburan di daerah jabodetabek saja. Ada banyak tempat wisata di Bogor yang bisa kamu kunjungi, antara lain, Taman Safari Indonesia Bogor, Bogor Aquagame, The Jungle Waterpark Bogor, dan masih banyak lagi.

11. Bali

Bali sudah tidak asing untuk dijasikqn destinasi liburan. Ada berbagai tempat wisata di Bali yang ramah untuk anak di antaranya, Tanah Lot, menyaksikan Tari Kecak Uluwatu, Sacred Monkey Forest Ubud, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro