Emma Watson memberikan rekomendasi buku kepada penggemarnya
Entertainment

7 Buku yang Direkomendasikan oleh Emma Watson

Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 - 21:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa yang tak mengenal Emma Watson? Aktris cantik asal Perancis ini merupakan bintang film ternama yang memerankan film Harry Potter dan film-film menarik lainnya.

Dibalik kesuksesannya, Emma dikenal sebagai salah satu artis yang memiliki hobi membaca buku mengenai feminisme dan pemikiran lainnya. Dirinya kerap memberikan rekomendasi buku yang dapat dibaca oleh para penggemar, untuk mengisi kekosongan aktivitas sehari-hari.

Emma menjadi salah satu aktris yang bermain film sejak usia remaja. Dirinya merupakan lulusan sastra Inggris Universitas Brown pada tahun 2014. Setelah lulus kuliah, Emma memanfaatkan waktu belajarnya untuk membaca dan menginspirasi banyak orang dengan menjadi Duta Niat Baik Wanita PBB di tahun 2014.

Paras yang cantik dan pemikiran yang jenius, membuat Emma banyak digemari dan kerap dijadikan sebagai pelopor bagi kalangan perempuan yang ada di dunia. Anda dapat belajar banyak hal dari Emma Watson, melalui buku bacaan yang direkomendasikan olehnya. 

Berikut 7 buku yang direkomendasikan oleh Emma Watson:

1. A Thousand Splendid Suns by Khaled Hosseini

Dilansir dari businessinsider.com dan vogue.co.uk, buku karya Hosseini ini menceritakan tentang dua wanita asal Afganistan bernama Mariam dan Laila. Secara garis besar, buku ini menceritakan kisah perjuangan dari kedua wanita tersebut, untuk bertahan dan terus berkembang dalam masa pemerintahan Taliban.

Buku ini menjadi salah satu rekomendasi dari Emma saat dirinya mewawancarai salah satu aktivis yaitu Malala Yousafzai. Dirinya bertanya kepada Malala terkait salah satu buku yang sering dibaca dan cocok dijadikan sebagai referensi bacaan.

Buku” A Thousand Splendid Suns” inilah yang direkomendasikan oleh Malala. Emma memberikan tanggapan bahwa dirinya juga membaca buku tersebut dan merasa kagum atas kisah yang terdapat dalam buku tersebut.

2. Love Letters to the Dead by Ava Dellaira

Buku karya Dellaira menceritakan kisah gadis remaja bernama Laurael yang membuka kisah kehidupannya melalui surat-surat cinta. Emma memberikan rekomendasi kepada para penggemar melalui tweet yang dibuatnya pada awal Maret tahun 2014.

Dalam tweetnya, Emma mengatakan sangat menyukai buku yang ditulis oleh Aga Dellaira dan merekomendasikannya kepada para fans untuk segera membaca buku tersebut.

3. The Diving Bell and the Butterfly by Jean-Dominique Bauby

Buku karya ini Jean-Dominique Bauby menceritakan perjuangan  mantan pemimpin redaksi majalah Elle Perancis, setelah menderita stroke pada tahun 1995.  Mantan redaksi tersebut terbangun setelah 20 hari kemudian dalam keadaan tubuh yang lumpuh kecuali mata kirinya.

Untuk menulis buku ini, penulis dengan sabar mendengarkan dan mencerna semua informasi yang disampaikan oleh narasumber.

Penulis dibantu oleh  terapis wicaranya membacakan alfabet, dan mempermudah dalam memahami apa yang disampaikan oleh narasumber tersebut. Emma merekomendasi buku ini melalui tweet  yang disampaikan setelah adanya tweet mengenai buku “Love Letters to the Dead”. 

4. Just Kids by Patti Smith

Buku ini merupakan salah satu memori yang dibuat langsung oleh penyanyi sekaligus penulis lagu yaitu Patti Smith. Patti Smith menceritakan kisah hidupnya yang dihabiskan di Kota New York sebagai seniman pemula selama akhir tahun  60-an dan 70-an. Buku ini direkomendasikan oleh Emma dalam wawancara yang dilakukan oleh Vogue pada tahun 2011.

Emma mengatakan “Saya ingin hidup seperti Patti. Saya ingin menulis seperti Patti. Buku itu sangat jujur dan berani. Saya menyukai cara dia melihat dunia. Saya benar-benar merasa bahwa hidup lebih indah setelah saya membacanya, dan saya merasa lebih penuh harapan,” ungkapnya.

Fakta lainnya, pada tahun 2021 Emma memberikan info bahwa buku tersebut akan selalu berada di meja samping tempat tidurnya. Buku tersebut sangat menginspirasi dan memberikan warna baru dalam kehidupan Emma.

5. The Queen of The Tearling by Erika Johansen

Buku karya Erika Johansen ini menceritakan kisah seorang putri yang tidak aman dan menjadi kutu buku. Menjadi seorang kutu buku membuat putri tersebut melakukan perjalanan fantasinya untuk merebut kembali tahta dari Ratu Merah yang jahat.

Buku tersebut membuat Emma menikmati seluruh kisah petualangan ajaib tersebut. Dalam edisi Februari 2014 majalah Wonderland, Emma Watson berbicara tentang cintanya pada buku tersebut. "Saya telah mengatakan bahwa saya tidak akan pernah melakukan waralaba lagi, jadi saya sangat ingin membencinya," ungkapnya kepada Wonderland.

6. Outrageous Acts And Everyday Rebellions By Gloria Steinem

Buku karya Gloria Steinem ini menceritakan mengenai wawasan dirinya ketika menjadi seorang wanita di dunia. Sebagai aktivis dan jurnalis yang terkenal, Steinem membagikan kisah hidupnya dengan  mengikuti beberapa kegiatan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Buku ini akan menceritakan peran seorang wanita yang melakukan banyak aksi di luar kapasitas dan kemampuan wanita pada umumnya. 

7. The Things I Would Tell YouBy Sabrina Mahfouz

Buku karya Sabrina Mahfouz ini menceritakan kisah perjuangan seorang wanita dalam melawan persepsi masyarakat. Secara garis besar, buku ini menantang persepsi sempit dari masyarakat terkait wanita muslim yang hidup di zaman modern. Buku-buku seperti ini banyak dibaca oleh Emma, sesuai dengan ciri khas yang diberikan kepada dirinya, bahwa dia merupakan pelopor feminisme bagi seluruh kalangan perempuan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro