Kyoto menjadi destinasi wisata yang cocok untuk traveling dan honeymoon./insidekyoto
Travel

Fakta-Fakta Ada Pelabuhan Terharum Hingga Mamalia Terkecil di Dunia, Ditemukan di Asia

Redaksi
Rabu, 3 Juli 2024 - 08:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Benua Asia sebagai benua terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak tentu juga memiliki banyak keunikan di dalamnya dan memmiliki keunikan lainnya. 

Ada juga negara yang memiliki 1.600 kuil di satu kota dan 150 gunung berapi di satu negara tampaknya hanya dapat ditemukan ketika mengunjungi benua Asia.

Simak fakta unik di Benua Asia:

1. Singapura memiliki bangunan yang terinspirasi dari kendaraan di film ‘Star Wars’

Topuniversities.com menuliskan bahwa 'The Sandcrawler', yang dinamai sesuai dengan kendaraan yang ada pada film. Pertama kali dibuka pada tahun 2013, gedung ini sekarang menjadi kantor Lucasfilm Ltd. di Asia, dan merupakan karya seni canggih yang menaungi kantor-kantor animasi dan Industrial Light & Magic (ILM) Singapura.'

2. Ada lebih dari 1.600 kuil di Kyoto, Jepang

Kyoto kuno, yang merupakan ibu kota kekaisaran negara tersebut selama lebih dari seribu tahun. Kyoto adalah rumah bagi 1,5 juta orang, yang tinggal di dekat banyak situs warisan dan bangunan bersejarah di kota tersebut.

Monumen Bersejarah Kyoto Kuno merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, dengan kuil Kennin-ji yang sering dianggap sebagai kuil tertua. Kuil ini dibangun pada tahun 1202 M, dan merupakan tempat peristirahatan terakhir Eisai, biksu yang diyakini telah membawa ajaran Buddha Zen ke Jepang.

3. Hong Kong berarti 'pelabuhan harum'

Transisi Hong Kong dari daerah jajahan menjadi pelabuhan yang ramai dan menjadi pusat keuangan global seperti sekarang, mungkin telah mengganti aroma sebelumnya menjadi aroma menyenangkan dengan kota yang lebih industrial dan modern.

4. Tiongkok memproduksi 45 miliar pasang sumpit setiap tahunnya

Selain industri produksi sumpit negara itu sendiri, beberapa restoran di China kini mengimpor sumpit yang dibuat oleh produsen AS, yang sering menggunakan kayu yang lebih ringan dan tidak perlu diputihkan.

5. Korea Selatan memiliki Hari Valentine khusus untuk para jomblo

Pada Hari Valentine di bulan Februari, para wanita memberikan coklat kepada pria sebagai tanda kasih sayang. Sebulan kemudian, khususnya pada tanggal 14 Maret White Day dirayakan, yaitu saat para pria biasanya membalas para wanita dengan hadiah lainnya.

Namun pada tanggal 14 April, adalah hari libur tidak resmi yang dikenal sebagai Black Day, yaitu merupakan hari bagi para lajang yang belum menikah untuk berkumpul.

6. Indonesia memiliki lebih dari 150 gunung berapi

Indonesia terletak di perbatasan lempeng Pasifik–suatu wilayah yang dikenal sebagai 'Cincin Api'. Dengan 127 gunung berapi yang saat ini aktifi, Gunung Merapi yang terletak di pulau Jawa Adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia.

7. Jepang telah menghasilkan 22 peraih Nobel

Jumlah tersebut lebih banyak per kapita daripada negara Asia lainnya. Jepang telah lama menikmati reputasi yang membanggakan sebagai pusat teknologi, budaya, dan seni yang dimulai jauh sebelum Nobel pertama Jepang dimenangkan oleh Hideki Yukawa pada tahun 1949.

8. Asia Tenggara adalah rumah bagi bunga terbesar di dunia…

Bunga Rafflesia, yang tumbuh di lantai hutan Malaysia, Thailand, dan Indonesia, menghasilkan bunga besar yang lebarnya mencapai satu meter. Bentuk dan ukurannya yang khas telah menjadikannya bunga yang ikonik, dan Rafflesia telah ditetapkan sebagai bunga resmi negara Indonesia.

9. Mamalia terkecil di dunia

Thailand Barat merupakan rumah bagi kelelawar hidung babi Kitti, yang juga dikenal sebagai kelelawar lebah, dan dianggap oleh sebagian orang sebagai mamalia terkecil di dunia. Kelelawar kecil ini melahirkan satu anak setiap tahun, dan biasanya hidup sebagai bagian dari koloni yang beranggotakan sekitar 100 ekor.

Kelelawar hidung babi Kitti biasanya hidup di berbagai gua. Meskipun berstatus 'terancam', spesies ini ditemukan di Burma pada tahun 2001, yang memicu harapan akan lebih banyak koloni di luar Thailand, tempat asal kelelawar tersebut.

10. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia

Luas wilayah daratan negara ini sekitar tiga kali luas Texas, dan terdiri dari ribuan pulau dengan ukuran yang hampir menyentuh 2 juta km2, dan membentang sepanjang lebih dari 5.000 kilometer dari timur ke barat.

Skala yang sangat besar ini telah menghasilkan negara dengan budaya yang sangat beragam, dengan adat istiadat dan tradisi yang berbeda dari satu pulau ke pulau lainnya.

Penulis : Redaksi
Sumber : Yoga Al Kemal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro