Hari Populasi Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 11 Juli 1990 oleh lebih dari 90 negara./Bisnis-Ni Luh Anggela
Health

Serba Serbi Hari Populasi Sedunia 2024

Redaksi
Kamis, 11 Juli 2024 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Populasi Dunia diperingati setiap tanggal 11 Juli, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran isu-isu populasi.

Dilansir dari laman news18.com dan jagranjosh.com, Kamis (11/7/2024) Hari Populasi Dunia bertujuan untuk meningkatkan kehidupan sosial juga. Hari ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1989 dan diperingati sebagai "Hari Lima Miliar" saat populasi dunia melampaui angka 5 miliar.

1. Tema Hari Populasi Sedunia 2024

Tema Hari Populasi Sedunia dapat berubah setiap tahunnya. Namun tahun ini, tema hari populasi Sedunia adalah 'Tidak meninggalkan seorang pun, hitung setiap orang.'

PBB berfokus untuk memastikan seluruh bentuk keragaman manusia dapat diperhitungkan dan terlihat, dengan menyoroti pentingnya sistem data yang inklusif untuk memaksimalkan kemajuan bagi semua orang.

2. Sejarah Hari Populasi Sedunia

Pada tahun 1989, Dewan Pengurus Program Pembangunan PBB (UNDP) menetapkan Hari Populasi Sedunia sebagai hasil dari “Hari Lima Miliar”. Melalui resolusi 45/216 pada tanggal 1990, Majelis Umum PBB (UNGA) memutuskan untuk terus memperingati Hari Populasi Sedunia guna meningkatkan kesadaran akan isu-isu kependudukan, termasuk pengelolaan pembangunan dan sumber daya. 

Hari Populasi Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 11 Juli 1990 oleh lebih dari 90 negara.

3. Makna Hari Populasi Sedunia

Hari Populasi Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berbagai macam isu global. Hari ini juga mempromosikan layanan dan hak kesehatan bagi seluruh kalangan masyarakat, seperti pendidikan, metode keluarga berencana, kesetaraan gender, pembangunan berkelanjutan, kerja sama global, pertumbuhan populasi, dan lain sebagainya.

4. Merayakan Hari Populasi Sedunia

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Populasi Sedunia, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Kampanye

Dilakukan dengan melakukan kampanye terhadap berbagai isu global yang sudah disebutkan sebelumnya, seperti kesetaraan gender dan metode keluarga berencana.

b. Seminar

Acara seminar dapat diselenggarakan di tingkat apapun, baik lokal, nasional, maupun internasional. Seminar dapat dilakukan guna memperdalam berbagai macam isu tersebut.

c. Pameran

Sebuah pameran atau pertunjukkan seni juga merupakan pilihan tepat yang dapat dilakukan untuk menyebarluaskan isu. Pendekatan ini merupakan pendekatan kreatif yang mungkin dapat diterima oleh lebih banyak kalangan.

5. Kamp/Booth Layanan Kesehatan

Kamp/Booth layanan kesehatan dapat secara tidak langsung menyebarkan berbagai macam informasi terkait isu yang dapat diterima oleh seluruh kalangan.

6. Keterlibatan Pemuda/Komunitas

Kegiatan yang akan dilaksanakan akan membantu membentuk karakter yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya, sehingga para pemuda dapat melihat seluruh pandangan lain yang ada disekitarnya.

Kutipan Hari Populasi Sedunia

Terdapat juga berbagai macam kutipan yang dapat mendorong Anda untuk bersikap lebih baik terhadap berbagai macam isu global yang akan dan saat ini dihadapi.

1. Kekuatan populasi jauh lebih besar daripada kemampuan bumi untuk menghasilkan kehidupan bagi manusia.” - Thomas Malthus

2. “Populasi perlu distabilkan untuk pembangunan berkelanjutan.” - Atal Bihari Vajpayee

3. “Kerusakan lingkungan dan sumber daya alam tidak dapat dibendung kecuali pertumbuhan populasi dunia dibendung dan dikurangi.” - Henry W. Kendall

4. “Kita berada dalam kemacetan populasi berlebih dan konsumsi boros yang dapat mendorong setengah dari spesies Bumi menuju kepunahan pada abad ini.” - E.O. Wilson

5. “Saya tidak percaya pada kiamat biologis, tetapi saya pikir akan ada cuaca biologis yang buruk di masa depan seiring dengan terus bertambahnya populasi manusia.” - Richard Preston

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro