Pangeran Charles dan Diana/Youtube
Entertainment

Sejarah Hari Ini, 6 Fakta Pernikahan Mewah Diana Spencer dan Raja Charles, 43 Tahun Lalu

Redaksi
Senin, 29 Juli 2024 - 16:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernikahan Diana Spencer dengan Raja Charles III menjadi pernikahan terbesar dalam seabad terakhir.

Diana dan Raja Charles III melakukan pesta pernikahan pada 29 Juli 1981. Hubungan mereka berdua juga ramai diperbincangkan di Inggris. Walaupun demikian, Diana tetap menjadi salah satu anggota keluarga kerajaan Inggris yang sangat dicintai masyarakatnya.

Dilansir dari Women & Home dan Smithsonian, simak beberapa fakta yang mungkin belum Anda ketahui tentang pernikahan Diana dengan Charles, yang kini menjadi Raja Inggris.

Simak fakta tentang pernikahan mewah Diana dan Raja Charles: 

1. Diana adalah rakyat Inggris biasa yang menikahi calon raja

Pernikahan rakyat biasa dan Raja Inggris pernah terjadi pada 1660. Saat itu, James II diam-diam menikahi Anne Hyde, walaupun telah dicegah orang-orang di sekitarnya. 

Biasanya, pernikahan kerajaan memiliki motif politik. Inilah kenapa pernikahan hampir selalu dilakukan antar anggota kerajaan, terutama bagi pewaris takhta seperti Charles.

Orang tua Diana dipanggil Viscount dan Viscountess Althorp, salah satu gelar bangsawan di Inggris. Walaupun demikian, Diana tidak memiliki gelar bangsawan dan dianggap sebagai rakyat Inggris biasa.

2. Pernikahan kerajaan pertama di Katedral St. Paul sejak 1501

Sebelumnya, anggota keluarga kerajaan Inggris yang menikah di Katedral St. Paul adalah Arthur dan Catherine dari Aragon. Pernikahan ini dilakukan pada tahun 1501.

Keluarga Kerajaan Inggris memiliki tradisi menikah di Westminster Abbey dan ini terjadi selama puluhan tahun. Namun, Diana dan Charles memilih untuk menikah di Katedral St. Paul.

“Pelanggaran” tradisi ini dilakukan karena Katedral St. Paul memiliki kapasitas jauh lebih banyak dari Westminster. Gereja ini dapat menampung 3.500 hadirin, dibandingkan Westminster Abbey yang berkapasitas 2.200 orang.


3. Terdapat 750 juta penonton siaran langsung pernikahan

Pernikahan keluarga kerajaan Inggris biasanya dapat disaksikan secara siaran langsung televisi. Namun, pernikahan antara Diana dan Charles meraup jauh lebih banyak penonton saat itu. 

Diestimasikan sekitar 750 juta orang di dunia menyaksikan siaran langsung pernikahan mereka. Ditambah lagi, 600.000 penduduk Inggris dikabarkan membanjiri jalanan London untuk melihat parade kereta kuda pasca pernikahan.

4. Salah satu pernikahan termahal sedunia

Pada tahun 1981, estimasi biaya pernikahan Diana dan Charles menghabiskan dana US$48 juta. Jika pernikahan tersebut dilakukan pada tahun 2020an, biayanya akan mencapai US$137 juta atau sekitar Rp2 triliun.

Salah satu pengeluaran terbesar adalah biaya keamanan. Menurut BBC, ada lebih dari 5.000 polisi yang mengatur keramaian dan keamanan selama acara berlangsung.

Selain itu, gaun pernikahan Diana yang ikonik dikatakan mencapai harga Rp2 miliar jika dijual hari ini.

5. Gaun pernikahan kerajaan terpanjang sepanjang sejarah

Beberapa pengamat mode menganggap gaun pernikahan Diana adalah gaun yang paling dirahasiakan dalam sejarah fashion.

Bahkan, sang desainer Elizabeth Emanuel menyatakan bahwa terdapat tiga desain gaun cadangan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi, apabila media Inggris membocorkan desain gaun kepada publik.

Menurut Emanuel, desain gaun pernikahan Diana dibuat khas 1980an. Dengan panjang hingga 7,62 meter, gaun ini menjadi gaun pernikahan anggota kerajaan terpanjang sepanjang  sejarah. 

Gaun ini juga dihias 10.000 butir mutiara, renda, dan payet. Para desainer juga menjahit perhiasan emas 18 karat berbentuk tapal kuda pada gaun. Hal ini dipercaya merupakan tradisi keberuntungan di hari pernikahan.

6. Diana mengalami penurunan berat badan ekstrim

Diana membeberkan bahwa dia menderita bulimia atau ingin memuntahkan makan setelah mengonsumsiya. Inilah alasan mengapa dia kehilangan berat badan yang cukup ekstrim sebelum pernikahannya.

Pinggangnya mencapai 29 inci ketika pertama kali melakukan pengukuran tubuh. Lima bulan kemudian, pada hari pernikahannya, pinggang Diana berukuran 23,5 inci.

Tim desainer pun harus menjahit ulang gaun sesuai pengukuran baru, di saat Diana sudah menggunakan gaun tersebut. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro