Sakit perut pada pagi hari/Shutterstock.com
Health

4 Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Kamis, 1 Agustus 2024 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seseorang seringkali mengalami sakit perut di pagi hari tanpa mengetahui penyebab dan cara mencegahnya. Artikel ini akan membahas penyebab sakit perut di pagi hari serta cara ampuh mengatasinya.

Dilansir dari laman narayanahealth, Kamis (1/8/2024) rasa sakit perut pada pagi hari berkisar dari rasa tidak nyaman ringan di bawah tulang rusuk hingga nyeri hebat di area panggul. Namun, nyeri tersebut dapat dengan sendirinya hilang tanpa harus menemui dokter.

Penyebab sakit perut pada pagi hari:

1. Dispepsia

Dispepsia dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup seseorang. Gejala umumnya adalah rasa kembung di perut selama atau setelah makan, rasa terbakar di perut atau perut bagian atas, mual, bersendawa, dan nyeri pada bagian ulu hati.

Faktor gaya hidup dapat meliputi merokok, mengonsumsi alkohol atau kafein berlebihan, makan terlalu cepat, stres, dan masih banyak lainnya.

2. Sindrom Iritasi Usus (IBS)

Sindrom Iritasi Usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah gangguan yang dapat mempengaruhi usus besar dan menyebabkan berbagai gejala, seperti kram, nyeri perut, kembung, diare, dan lain sebagainya.

Serupa dengan dispepsia, IBS juga dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup seseorang, yaitu merokok, mengkonsumsi alkohol atau kafein berlebihan, dan lain sebagainya.

3. Penyakit Radang Usus (IBD)

Berbeda dengan IBS, Penyakit Radang Usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD) adalah peradangan kronis pada saluran pencernaan, seperti yang terlihat pada penyakit crohn dan kolitis ulseratif. Gejala serius pada penyakit ini diantaranya adalah diare berlebihan, lemas,dan keluarnya tinja berwarna merah.

Penyakit ini mungkin membutuhkan penanganan jangka panjang terkait pengobatan dan pembedahan. Namun lagi-lagi, untuk mengurangi risikonya, seseorang harus menjaga gaya hidup yang teratur, terutama pada pola makan.

4. Sembelit

Sembelit atau konstipasi ditandai dengan buang air besar kurang dari 3 kali seminggu dan feses yang menggumpal atau mengeras.

Kurangnya asupan air dan serat, jarang melakukan aktivitas fisik, dan menunda-nunda pergi ke toilet adalah beberapa penyebab terjadinya sembelit.

Kenali penyebab sakit perut pada pagi hari
Kenali penyebab sakit perut pada pagi hari

Jika Anda merasakan kondisi-kondisi di atas, atasi segera. Melansir dari laman wikihow.com, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan:

1. Konsumsi beberapa jenis makanan

Cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan pati. Pati tidak akan bertahan lama di perut dan tidak akan memicu refluks asam yang dapat memperburuk rasa sakit. Selain itu, yogurt juga dapat menjadi pilihan. Mengkonsumsi beberapa jenis yogurt dapat membantu mengeluarkan bakteri jahat dari tubuh Anda.

2. Jaga tubuh tetap hidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit perut. Minumlah air putih secara perlahan-lahan agar perut kosong Anda tidak terkejut. Anda juga dapat mencampurkan buah lemon ke air putih, karena buah lemon dapat membantu meredakan iritasi lambung yang disebabkan dehidrasi.

3. Lakukan meditasi

Salah satu bentuk meditasi termudah yang dapat dilakukan adalah dengan melepaskan rasa cemas, karena kecemasan seringkali menyebabkan mual dan sakit perut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pemanas untuk mengompres perut. Panas akan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit yang membantu mengurangi rasa nyeri di perut.

4. Temui dokter

Jika sakit perut dirasakan selama lebih dari 1 atau 2 pagi, temuilah dokter untuk memeriksa kondisi yang mendasarinya. Dokter tidak hanya akan menemukan penyebab terjadinya sakit perut, tetapi juga menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro