Cara mambuka cakra dengan meditasi. Meditasi adalah cara untuk menemukan kesadaran penuh atau mindfulness/Freepik
Health

Cegah Stres, Tips Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari

Novita Sari Simamora
Selasa, 6 Agustus 2024 - 08:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Era digital membuat banyak orang mendapatkan informasi dengan cepat dengan cara mudah. Kondisi ini berpengaruh pada kesehatan mental dan respon stres manusia. Solusinya adalah dengan melakukan mindfulness.

Orang di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu untuk scroll Instagram dengan durasi sekitar 2 jam, bahkan ada hingga 4 jam per hari. Tujuannya, untuk melepas stres dan menghabiskan waktu senggang. Namun, segala yang Anda tonton berpengaruh dengan kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari situs Maastricht University, Selasa (6/8/2024), kesadaran untuk menyelaraskan pikiran dan perasaan menjadi cara untuk mengurangi stres. Cara yang bisa  dilakukan untuk mengurangi stres dan depresi dengan melakukan mindfulness.

Simak tips mindfulness dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kesehatan dan ilmu kesadaran (mindfulness)

Banyak orang yang sibuk mengejar masa depan, tetapi lupa untuk meluangkan waktu di masa kini. Cobalah berhenti sejenak dari segala aktivitas dan sadarlah bahwa Anda berada di masa kini. Inilah yang disebut kesadaran.

Kesadaran atau mindfulness tidak melulu berkaitan dengan meditasi. Namun, coba ambil sikap duduk tenang dan rileks, lalu atur napas Anda.

2.Mindfulness lebih dari sekadar meditasi

Definisi mindfulness dari Timur dan Barat mayoritas untuk meningkatkan kesejahteraan. Mindfulness berpengaruh untuk  menghadirkan peluang dan banyak pilihan bagi orang yang ingin meningkatkan kesejahteraan mereka.

Melatih diri melakukan mindfulness akan membantu Anda meredakan kecemasan, depresi, tekanan, dan mentransformasikannya menjadi energi positif dan meningkatkan kualitas hidup.

3. Sadar, tidak semua hal di dunia ini dapat dikendalikan

Salah satu aspek kesadaran adalah kesadaran tentang bagaimana tubuh dan pikiran merasakan. Terutama saat seseorang merasa stres, tertekan, atau kewalahan, maka mindfulness akan sangat membantu untuk (kembali) terhubung dengan ‘saat ini’, daripada mengkhawatirkan kejadian di masa depan atau berkutat pada masa lalu.

Mindfulness akan membantu Anda menenangkan pikiran yang sibuk, memperlambat langkah, dan mengadopsi pola pikir “satu hal pada satu waktu”. 

4. Amati emosi dan pikiran dengan penerimaan dan rasa ingin tahu

Bagian penting lain dari kesadaran penuh adalah menerima apa yang dirasakan pada saat ini. Penerimaan adalah tentang menciptakan ruang dan belajar untuk membiarkan emosi, pikiran, dan perasaan kita ada, jangan menekan atau menghindarinya.

Ini dapat membantu menghindari pemborosan energi. Strategi kesadaran penuh dapat membantu manusia untuk mengambil langkah mundur agar tidak terjebak dalam angin atau energi negatif.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro