Tips agar tidak lecet saat pakai sepatu baru
Health

Ini 8 Tips agar Tidak Lecet Saat Pakai Sepatu Baru

Redaksi
Rabu, 7 Agustus 2024 - 08:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pasti pernah memiliki pengalaman sakit kaki saat menggunakan sepatu baru, mulai dari lecet pada bagian belakang kaki hingga rasa tak nyaman pada jari-jemari.

Dilansir dari laman alfaoutdoor.com dan kurufootware.com, Rabu (7/8/2024), jika Anda merasa tak nyaman ketika mengenakan sepatu, maka segera atasilah masalah tersebut. Penting untuk diingat bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

Simak tips mencegah lecet saat pakai sepatu baru:

1. Gunakan kaus kaki yang nyaman

Gunakan kaus kaki baru yang halus dan lembut, karena kaus kaki lama yang cenderung lebih tipis dapat membuat kaki lebih mudah tergelincir di dalam sepatu dan menyebabkan lecet pada kaki.

2. Hindari kaki basah ketika mengenakan kaus kaki

Kaki yang basah lebih rentan mengalami lecet kaki daripada yang kering. Gunakan kaus kaki ketika kaki dalam keadaan kering untuk menghindari lecet pada kaki. Selain kering, memastikan kaki dalam keadaan bersih sebelum mengenakan kaus kaki juga penting untuk diperhatikan.

3. Peregangan sepatu pada area tertentu

Lakukan perenggangan pada sepatu baru, terutama yang berbahan kulit, dapat mempercepat proses penyesuaian. Tak hanya mempercepat proses penyesuaian, cara ini juga dapat mengurangi tekanan tidak nyaman ketika menggunakan sepatu.

4. Mengikat tali sepatu sesuai kenyamanan

Terdapat banyak metode untuk mengikat tali sepatu, namun pilihlah yang paling sesuai dengan kenyamanan Anda. Menemukan ikatan yang sesuai dengan kenyamanan kaki dapat mengubah beban dan titik tekanan pada kaki. Metode ‘soft lacing’ dan ‘rock lacing’ adalah contoh metode yang dapat Anda pilih.

5. Kenakan sepatu di sekitar rumah

Cobalah untuk mengenakan dan berjalan di sekitar rumah, tidak hanya mengenakannya lalu duduk. Namun, perlu diingat bahwa tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan kenyamanan, bukan menahan rasa sakit. Jika kaki mulai terasa sakit atau tidak nyaman, Anda dapat menyesuaikan menggunakan cara-cara sebelumnya.

6. Tutup tempat yang rentan sakit

Jika terpaksa mengenakannya dalam perjalanan jauh, lapisi kaki dengan penutup sebelum memulai perjalanan. Plester adalah salah satu opsi terbaik yang dapat Anda pilih. Lapisan ekstra tersebut dapat menjaga kaki dari tekanan sepatu yang menyebabkan kaki lecet.

7. Jemur sepatu di bawah sinar matahari

Jemurlah sepatu baru di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Saat sepatu menyerap sinar matahari – terlebih sepatu yang terbuat dari kulit atau bahan alami serupa, panasnya secara bertahap akan membuat bahan sepatu lebih lentur dan fleksibel, yang secara alami dapat mengembang dan menyesuaikan dengan bentuk kaki.

8. Gunakan cetakan sepatu

Cetakan sepatu dapat membantu mempercepat proses penyesuaian, terutama untuk sepatu berbahan kulit biasa dan kulit lembut (suede). Cetaklah cetakan sepatu sesuai bentuk kaki Anda. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu hanya dengan memasukkan cetakan ke dalam sepatu setiap kali Anda tidak mengenakan sepatu tersebut. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro