Gejala demensia sering dialami oleh lansia./AgingCare
Health

Kebutuhan Perawat Lansia di Indonesia Meningkat

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 Agustus 2024 - 21:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan perawatan lansia yang naik tajam membutuhkan ketersediaan perawat yang mumpuni.

Selama 25 tahun ke depan, Indonesia diperkirakan akan mengalami perubahan demografi yang signifikan, dengan kenaikan dua kali lipat di kalangan populasi di atas 65 tahun.

Dengan demikian, diperkirakan penduduk berusia 65-79 tahun akan mencapai 31,6 juta orang, dan penduduk di atas 80 tahun akan mencapai 5,5 juta orang.

Penelitian ERIA dan BAPPENAS (2020) memperkirakan skala ekonomi perak Indonesia akan bernilai USD7,5 miliar pada tahun 2025, dan akan berkembang menjadi yang terbesar kedua di dunia pada tahun 2030, setelah China.

Penuaan populasi Indonesia menciptakan lonjakan permintaan terhadap layanan perawatan lansia, namun peluang pelatihan masih terbatas.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Program Kerjasama Ekonomi bilateral Indonesia-Australia Katalis, dengan penyedia layanan lansia asal Australia, Living Well Senior Communities menjalin kemitraan untuk menyediakan akses pelatihan perawatan lansia yang memenuhi kualifikasi dan akreditasi sesuai standar Australia, dengan pengalaman kerja praktis di fasilitas premium layanan lansia di Indonesia.

“Proyek inovatif semacam ini menunjukkan besarnya peluang kemitraan Australia dan Indonesia, yaitu dengan memanfaatkan keunggulan masing-masing yang unik dan saling melengkapi, dalam hal ini banyaknya perawat di Indonesia yang bersedia dan sudah terlatih, dengan sistem pelatihan kelas dunia dari Australia. Kemitraan bisnis ini diharapkan akan memperluas layanan berkualitas bagi para warga lansia di Indonesia dan menginspirasi kemitraan serupa lainnya di bidang baru dan penting ini,” kata
Paul Bartlett, Director, Katalis.

Dengan dukungan Katalis, Living Well Senior Communities akan bekerjasama dengan penyedia pelatihan asal Australia untuk menyediakan pelatihan perawatan lansia berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia. Program ini juga akan mencakup 120 jam pengalaman kerja praktek di fasilitas Living Well Senior Communities di Jakarta.

Lulusan program akan menerima Sertifikat III (Individual Support for Ageing) yang diakui Australia.

“Living Well Seniors Communities bangga dengan layanan berkualitas tinggi yang ditawarkan oleh para profesional terlatih kami. Dengan dukungan Katalis, kami siap memperluas talenta yang ada dengan lebih banyak perawat Indonesia berkualifikasi yang memenuhi standar pendidikan dan persyaratan pengalaman kerja Australia, sekaligus juga memahami kebutuhan dan budaya klien di Indonesia serta berpotensi untuk membantu kebutuhan lansia di Australia,” kata Ben Cass, Presiden Direktur, Living Well Seniors Communities. 

Program pelatihan perawat lansia ini akan dimulai dengan penyaringan kandidat peserta, yang akan dilakukan Living Well Seniors Communities dengan menggandeng Universitas Binawan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro