Nyoman Nuarta/nuarta.com
Entertainment

Profil Nyuman Nuarta, Desainer Istana Garuda IKN yang Dicibir Netizen

Mutiara Nabila
Kamis, 15 Agustus 2024 - 12:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Warganet kembali heboh karena desain Istana Garuda di IKN karena dinilai tak sesuai dengan rencana awal. 

Warganet mengomentari desain Istana Garuda yang menurut Gambar berwarna hijau dengan kepala garuda yang tegak berdiri, menjadi berwarna gelap dan kepala garuda yang merunduk. 

Tak hanya itu, warganet bahwa mencibir Istana Garuda lebih mirip kelelawar alih-alih garuda, disebut "markas Batman" atau "rumah Voldemort" karena warnanya yang gelap. 

Istana Garuda di IKN didesain oleh desainer ternama Nyoman Nuarta, yang memenangkan sayembara desain Istana Garuda IKN oleh Kementerian PUPR pada Maret 2021 lalu. 

Lalu Siapa Nyoman Nuarta? 

Dia merupakan seniman yang juga membuat patung besar di Bali, Garuda Wisnu Kencana (GWK). Menggunakan bahan yang sama dengan GWK, Istana Garuda dibuat menggunakan kuningan dan dilapisi oleh cairan yang pada awalnya akan membuat tampilan berwarna gelap, namun seiring berjalannya waktu karena oksidasi akan berubah menjadi hijau tosca sesuai desain awal. 

Pria kelahiran Tabanan, 14 November 1951, itu merupakan senimal lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan Seni Rupa. 

Mengutip laman resminya, www.nuarta.com, Nyoman sudah menggeluti bidang seni selama hampir setengah abad, khususnya seni patung. 

Nyoman Nuarta sudah banyak membuat karya di bidang seni patung. Namun, karya yang paling terkenal dari Nyoman Nuarata adalah Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang berada di Bali. 

Selain patung GWK, Mahakarya dari Nyoman Nuarta adalah patung Soekarno setinggi 5 meter, patung Jalesveva Jayamahe di dermaga ujung Madura, Surabaya dan puluhan karya lainnya. 

Nyoman merupakan salah satau pematung yang terkenal di Indonesia. Sudah banyak penghargan yang dia terima. Total ada sekitar 12 penghargaan bergengsi yang sudah didapat selama berkarier sebagai seniman.

Dia juga sudah menggelar hingga 40 pameran tak hanya di Indonesia, tapi juga di Singapura, Australia, Amerika Serikat, Paris, India, Jepang, Filipina, dan di berbagai belahan dunia.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro