Airbus A340-300 Alisher Umanov
Travel

Deretan Pesawat Jet Pribadi Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp10 Triliun

Redaksi
Minggu, 25 Agustus 2024 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pesawat jet pribadi dibuat untuk menawarkan kemewahan pada orang-orang terkaya di dunia.

Harga dari jet pribadi ini tentunga sangat fantastis.

Namun, pernahkah Anda mempertanyakan hal istimewa apa yang membuat pesawat jet menjadi begitu mahal?

Banyak dari pesawat jet ini dilengkapi dengan kantor pribadi, kamar tidur, aula konser, dan lain-lain.

Dilansir dari Jet Finder, berikut deretan pesawat jet pribadi termahal di dunia:

1. Air Force One – 660 juta dolar (Rp10,1 triliun)

Pesawat Air Force One tipe Boeing 747-200B merupakan salah satu jet pribadi termahal yang biasa digunakan untuk membawa Presiden AS. Pesawat ini menawarkan keamanan, kemewahan, dan berbagai teknologi.

Pesawat yang telah menjadi simbol kepresidenan Amerika ini dibanderol dengan harga 660 juta dolar, atau sekitar Rp10,1 triliun. Pesawat ini dilengkapi dengan ruang konferensi, dapur, kamar tidur, dan ruang medis–termasuk ruang operasi.

Selain itu, Air Force One juga tahan terhadap gelombang elektromagnetik dan bahan bakarnya dapat diisi ulang di udara.

2. Airbus A380 – 600 juta dolar (Rp9,2 triliun)

Airbus A380 pernah dimodifikasi untuk Pangeran Arab, Al Waleed Bin Talal al-Saud dan menjadi jet pribadi termahal yang pernah dibuat. Biaya pembuatannya diperkirakan sekitar 600 juta dolar (Rp9,2 triliun).

Interior pesawat ini dirancang oleh desainer interior terkenal, Edèse Doret sesuai dengan keinginan sang pangeran. Airbus A380 dilengkapi dengan lift, pemandian Turki berlapis emas, garasi, dan ruang salat–di mana sajadahnya akan berputar secara otomatis menghadap ke Mekkah. Uniknya, sang pangeran menjual pesawat ini bahkan sebelum menerima pengirimannya.

3. Airbus A340-300 – 350 hingga 500 juta dolar (Rp5,3 hingga 7,7 triliun)

Pesawat jet pribadi ini merupakan milik seorang pebisnis Rusia, Alisher Usmanov. Pesawat ini diperkirakan berharga sampai dengan 500 juta dolar (Rp 7,7 triliun) karena memiliki berbagai perabotan mewah dan fasilitas canggih.

Rincian mengenai pesawat tersebut sangat dirahasiakan. Namun, kabarnya pesawat tersebut juga memiliki kelab malamnya sendiri.

4. Boeing 747-8 VIP – 367 juta dolar (Rp5,6 triliun)

Pesawat ini dijuluki “Dreamliner” karena kemewahannya. Pesawat ini bernilai 367 juta dolar, atau sekitar Rp5,6 triliun. Jet ini memiliki kabin, ruang makan, lounge, dan kantor. Meskipun harganya fantastis, desain pesawat ini terbilang sangat minimalis. Identitas pemilik pesawat pribadi ini tidak diketahui.

5. Airbus ACJ350 – 326 juta dolar (Rp5 triliun)

Di dalam ACJ350, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas mewah, seperti spa, kantor pribadi, kamar tidur, ruang bermain anak, dan lain-lain. Pesawat ini menawarkan ruang lantai yang setara dengan beberapa rumah–membuat Anda seakan seperti di rumah.

Jika Anda menggunakan pesawat ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai pengalaman relaksasi terbaik di langit. Pesawat ini menghabiskan biaya sebesar 326 juta dolar, atau sekitar Rp5 triliun–untuk pesawatnya saja. Interiornya yang dirancang oleh Lufthansa Technik memiliki biaya tambahan tersendiri. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro