Taeil NCT/instagramTaeil
Entertainment

Profil dan Kekayaan Taeil, Member NCT yang Dipecat Karena Kasus Kejahatan Seksual

Mutiara Nabila
Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu member boyband Korea Selatan NCT, Taeil, dikabarkan resmi dipecat dari grup tersebut lantaran adanya tuntutan kasus kejahatan seksual. 

Pengumuman tersebut dibuat langsung oleh perusahaan induk NCT, SM Entertainment, yang merilis pernyataan resmi mereka di X pada Rabu, 28 Agustus 2024, menegaskan kepada publik tentang beratnya situasi dan bagaimana mereka mengambil tindakan cepat terhadap tuduhan tersebut. 

Menurut perusahaan hiburan tersebut, bintang K-pop tersebut saat ini sudah bersedia bekerja sama dengan pihak berwenang dalam penyelidikan kejahatannya, dan baik dia maupun label tersebut telah sepakat bersama atas keputusan bahwa dia akan meninggalkan grup musik yang cukup terkenal itu. 

"Kami baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Taeil telah terlibat dalam kasus pidana terkait kejahatan seksual. Saat menyelidiki situasi tersebut, kami menyadari bahwa masalah ini sangat serius, dan kami telah memutuskan bahwa Taeil tidak dapat lagi melanjutkan aktivitas tim...Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kontroversi yang disebabkan oleh artis kami," tulis pihak SM Entertainment dalam pernyataan resmi. 

Meskipun beluma ada perincian terkait kejahatan yang dilakukan, dalam kabar terbaru mengutip Asian Junkie, Polisi mengatakan Taeil ditangkap atas kejahatan seksual yang diduga sudah terjadi pada Juni lalu dan korban yang diduga adalah seorang wanita dewasa. 

Profil Taeil NCT

Sebagai anggota tertua boyband NCT, pria dengan nama lengkap Moon Tae Il itu lahir pada 14 Juni 1994  di Seoul Korea Selatan. Dia merupakan vokalis utama grup tersebut untuk sub-unit NCT U dan NCT 127.

Taeil dikenal tidak hanya karena kemampuannya bernyanyi, tetapi juga karena keterampilan menari dan bermain gitarnya.

Sempat diterima di program Musik Terapan Universitas Hanyang di Gyeonggi pada 2013, namun Taeil melepas program yang dianggap paling kompetitif Korea Selatan itu dan berfokus mengejar karier musiknya. 

Pencari bakat dari SM Entertainment bertemu Taeil di Kontes Menyanyi Remaja 2013 dan merekrutnya sebagai trainee untuk menjadi vokalis. Pada 13 Oktober 2015, dia secara resmi ditunjuk sebagai anggota SM Rookies.

Tak sampai setahun kemudian, dengan dirilisnya lagu "Without You" pada 9 April 2016, Taeil debut bersama NCT U. Kemudian pada 7 Juli 2016, dengan dirilisnya mini album NCT #127 menandai debut resminya sebagai anggota NCT 127.

Kekayaan bersih Taeil 2024

Mengutip berbagai sumber, pada 2024, kekayaan bersih Taeil diperkirakan berkisar antara US$1 juta dan US$5 juta atau antara Rp15,4 miliar - Rp77 miliar. 

Pendapatannya bersumber dari usaha musiknya, dukungan, dan kegiatan lainnya. Taeil berkiprah di musik bersama NCT 127 dan NCT U. Bersama NCT, ia telah menerbitkan sejumlah album dan singel. 

Selain itu, dia juga mendapatkan pundi-pundi cuan dari kehadirannya di sejumlah acara varietas.

Taeil juga telah berpartisipasi dalam sejumlah perjanjian endorsement, termasuk yang dilakukan dengan perusahaan seperti Puma dan Lotte Duty Free.

Namun, di samping kasus yang sedang terjadi, Billboard melansir bahwa partisipasi Taeil dalam penampilan NCT telah dibatasi selama setahun terakhir dengan alasan memulihkan diri dari kecelakaan sepeda motor pada Agustus 2023. 

Vokalis utama grup tersebut dikabarkan memerlukan operasi dan memutuskan untuk hiatus untuk fokus pada rehabilitasinya. SM Entertainment mengatakan pada Oktober lalu bahwa dia masih memerlukan perawatan setelah prosedur tersebut, yang mengakibatkan dia tak ikut dalam tur NCT 127 pada November tahun lalu.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro