Ilustrasi perempuan mengalami jerawat akibat memakai masker atau maskne/Freepik
Health

Titik-titik Lokasi Jerawat di Wajah, Bisa Jadi Indikasi Kesehatan Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 Agustus 2024 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat di wajah seringkali membuat kesal karena merusak penampilan dan membuat tidak percaya diri.

Tapi, jerawat, khususnya di wajah, bisa jadi lebih dari sekedar masalah kosmetik, dan mungkin menjadi indikasi kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari timesofindia, pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) telah lama menggunakan praktik pemetaan wajah, yang juga dikenal sebagai mien shiang atau "membaca wajah", untuk menghubungkan area wajah tertentu dengan berbagai organ tubuh.
 
Gagasan ini telah bertahan selama lebih dari 3.000 tahun, menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak isyarat wajah daripada yang terlihat.

Namun, bukan berarti ini benar 100 persen, hanya saja ini merupakan prediksi dari pengobatan tradisional China.

Berikut adalah lokasi jerawat di wajah yang mengindikasikan masalah kesehatan menurut pengobatan tradisional China

1. Dahi: Gangguan sistem pencernaan

Menurut TCM, dahi berhubungan erat dengan sistem pencernaan. Jika kita sering melihat jerawat di area ini, bisa jadi itu pertanda masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar atau pola makan yang buruk.

Stres dan kurang tidur juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di dahi. Ketidakseimbangan pada saluran pencernaan bisa bermanifestasi sebagai masalah kulit di wilayah ini.

2. Pelipis: Masalah ginjal dan kandung kemih

Kuil-kuil tersebut dikatakan berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih. Jerawat di area ini mungkin menandakan infeksi atau peradangan di dalam organ tersebut.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa hubungan fungsi ginjal dengan jerawat pelipis belum sepenuhnya terbukti. Dipercaya bahwa ketika organ-organ ini mengalami kesulitan, mungkin karena dehidrasi atau infeksi, kulit di pelipis bisa menimbulkan jerawat.

3. Di antara alis: Fungsi hati

Area antara alis diduga terhubung dengan hati, organ penting untuk detoksifikasi. Jerawat di sini mungkin menunjukkan bahwa hati kita sedang tertekan, mungkin karena racun dalam makanan kita atau karena stres emosional.

Meskipun pengobatan modern tidak sepenuhnya mendukung pandangan ini, para praktisi TCM telah lama mengamati bahwa ketika hati kelebihan beban - baik karena alkohol, makanan berlemak, atau racun - area ini dapat menjadi pusat timbulnya jerawat. 

4. Di bawah mata: Tingkat hidrasi dan stres

Kulit di bawah mata sering dikaitkan dengan tingkat hidrasi tubuh dan stres. Lingkaran hitam, bengkak, atau bahkan jerawat di area ini mungkin merupakan cara tubuh kita memberi sinyal bahwa kita kekurangan air atau sedang mengalami stres berat.

5. Hidung: Kesehatan jantung

Hidung dibagi menjadi dua bagian dalam TCM: sisi kiri berhubungan dengan sisi kiri jantung, dan sisi kanan berhubungan dengan sisi kanan. Kemerahan, komedo, atau sifat berminyak di area ini mungkin mengindikasikan masalah tekanan darah atau ketidakseimbangan kolesterol.

6. Pipi: Sistem pernapasan dan pencernaan

Jerawat di pipi sering kali berhubungan dengan perut, limpa, dan sistem pernapasan pada pengobatan TCM. Misalnya saja, kemerahan di pipi mungkin menandakan peradangan lambung, sementara jerawat bisa menandakan masalah pernafasan seperti alergi atau infeksi sinus.

7. Dagu dan rahang: Ketidakseimbangan hormonal

Area dagu dan rahang sangat erat kaitannya dengan sistem hormonal dan reproduksi. Fluktuasi hormonal selama menstruasi atau periode stres yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wilayah ini.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro