Cara menghilangkan dan mengobati jerawat punggung/Advanced Dermatology Care
Health

Simak Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Redaksi
Senin, 29 Juli 2024 - 15:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Jerawat punggung muncul karena adanya penyumbatan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Dilansir dari laman elle.com dan teenvogue.com, Adwoa Danso, Dokter Umum National Health Service (NHS), jerawat punggung biasanya disebabkan oleh penumpukan minyak dan sel kulit mati di dalam dan sekitar pori-pori, yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan bakteri berkembang biak.

Simak cara mencegah jerawat punggung:

1. Gunakan sabun mandi yang tepat

Sabun yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat dapat menjadi pilihan terbaik, karena mencegah sel kulit mati terbentuk dan penyumbatan pori-pori. Anda wajib membersihkan kulit di setiap hari untuk mencegah munculnya jerawat.

2. Kenakan pakaian longgar

Keringat adalah salah satu penyebab munculnya bakteri. Gunakanlah pakaian yang tidak terlalu ketat untuk menghindari gesekan pada kulit, terutama saat berkeringat.

Bahan pakaian tertentu, seperti bahan yang menyerap keringat dari kulit, juga dapat menjadi opsi dalam mencegah masuknya bakteri. Selain itu, warna yang lebih terang dengan bahan katun juga dapat menjadi pilihan terbaik, karena cenderung sejuk sehingga dapat mengurangi kemungkinan keluarnya keringat.

3. Segera mandi setelah beraktivitas fisik

Segera mandi setelah berolahraga atau setelah menghabiskan waktu di luar ruangan sangat penting untuk mencegah munculnya jerawat punggung, terutama saat musim panas. Membiarkan keringat dan kotoran menumpuk di kulit akan menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

4. Gunakan sikat pembersih

Tentu, salah satu cara paling ampuh dalam mencegah jerawat punggung adalah dengan mencucinya dengan bersih. Namun, menggosok punggung secara menyeluruh tampaknya mustahil dilakukan dengan tangan kosong.

Gunakanlah sikat pembersih, sikat ini dapat membersihkan punggung secara menyeluruh, bahkan kulit keras di sekitar bahu bagian atas sekalipun.

5. Hindari sampo dan kondisioner menempel di kulit

Ketika menempel pada kulit, sampo dan kondisioner dapat meresap ke dalam kulit, dan menjadi penyebab utama munculnya jerawat punggung. Usahakan untuk bilas sampo dan kondisioner tanpa mengenai punggung.

6. Hindari menekan jerawat

Sama halnya dengan jerawat wajah, hindarilah penekanan pada jerawat punggung. Menekan jerawat di badan, termasuk punggung, dapat menyebarkan bakteri dan menimbulkan lebih banyak jerawat.

7. Cuci barang atau peralatan yang biasa digunakan

Seprai dan perlengkapan olahraga adalah contohnya. Seprai dan perlengkapan olahraga yang tidak dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat, termasuk jerawat punggung. Pastikan untuk mencuci seprai dan peralatan olahraga secara teratur untuk menjaga munculnya jerawat punggung.

8. Kunjungi dokter kulit

Jika sudah mencoba berbagai cara dan tidak mendapatkan hasil terbaik, sudah waktunya untuk menetapkan jadwal pertemuan dengan ahlinya. Tidak hanya mendapatkan solusi untuk pencegahan, Anda juga akan mendapatkan penyebab munculnya jerawat punggung, baik berdasarkan genetik maupun kebiasaan sehari-hari Anda. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro