Es batu untuk kesehatan kulit wajah/GoodRx
Health

Es Batu Bisa Atasi Masalah Kulit, Cegah Jerawat dan Penuaan Dini

Redaksi
Rabu, 26 Juni 2024 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang rela mengeluarkan uang dengan nominal cukup besar untuk mendapatkan kulit yang sehat. Namun, ada pula yang memilih perawatan dengan bahan alami seperti es batu. Biasanya, digunakan dengan cara dikompres, dipijat, dan digosokkan pada kulit. 

Dilansir dari Oshea Herbals dan Pharmeasy, es batu dapat membantu mengatasi permasalahan kulit wajah seperti mengurangi pembengkakan, mengencangkan kulit, dan meredakan kemerahan akibat salah memakai produk atau iritasi.

Selain itu, es batu juga efektif untuk mengecilkan pori-pori, memberikan efek relaksasi, dan menyegarkan kulit. Es batu bekerja dengan merangsang sirkulasi darah, sehingga masalah kulit dapat teratasi secara perlahan.  

Jika Anda ingin menggunakan es batu dalam perawatan kulit. Penting untuk diingat agar tidak mengaplikasikan es batu secara langsung pada kulit yang terbakar. Karena, dapat memicu frostbite yaitu kerusakan kulit akibat paparan suhu dingin. 

Manfaat Es Batu Bagi Kesehatan Kulit

1. Menyembuhkan dan mencegah jerawat

Jerawat seringkali menyebabkan kemerahan dan nyeri pada kulit wajah. Peran es batu yang memiliki sifat anti radang dapat membantu meredakan tanda peradangan. Selain itu, juga mengurangi bengkak atau kemerahan akibat meningkatnya produksi minyak dan sel kulit mati. Anda dapat mengaplikasikannya, dengan menempelkan es batu yang telah dilapisi kain atau tisu pada area jerawat dan diamkan beberapa saat. 

2. Mengontrol produksi minyak

Banyak orang mengalami masalah kulit seperti kusam atau jerawat karena produksi minyak berlebih. Kondisi ini disebabkan oleh terbukanya pori-pori, sehingga bakteri mudah masuk ke lapisan kulit.

Jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan es batu pada wajah. Suhu dingin dari es batu dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengontrol produksi minyak.

3. Pengurangan mata panda

Mata panda atau lingkaran gelap dibawah mata dapat mengganggu penampilan wajah, seperti terlihat tidak segar dan lelah. Perawatan es batu bisa membantu mengurangi mata panda dengan meningkatkan dan memperlancar peredaran darah. Anda dapat mengaplikasikannya, dengan menempelkan es batu pada area bawah mata selama beberapa menit. Pastikan untuk melapisi es batu dengan kain atau penghalang lainnya sebelum bersentuhan langsung pada kulit. 

4. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk pada lapisan kulit dapat membuat penampilan wajah tampak lebih kusam. Karena itu, banyak orang yang melakukan teknik eksfoliasi untuk mengurangi sel kulit mati. Anda dapat menggunakan es batu sebagai eksfoliator alami, gosokkan secara perlahan pada wajah dan lakukan hanya 1 - 2 menit. Eksfoliasi yang dilakukan dengan benar, juga berkontribusi mempercepat penyerapan produk perawatan kulit lainnya.

5. Menyamarkan kerutan wajah

Kulit disekitar area mata cenderung lebih tipis dan sensitif, sehingga lebih rentan mengalami kerutan. Karena itu, penggunaan es batu dapat menjadi alternatif untuk mencegah tanda penuaan ini.

Es batu yang memiliki efek dingin dapat membantu meningkatkan sirkulasi di kulit dan menjaga keelastisannya. Meskipun hanya berlangsung sementara, tetapi perawatan yang rutin dapat memberikan hasil yang lebih signifikan. 

6. Mengurangi mata bengkak

Mata bengkak disebabkan oleh berbagai alasan, tetapi penyebab paling umum adalah kurang tidur dan ketegangan mata. Es memiliki efek dingin sehingga efektif untuk mengurangi dan mencegah pembengkakan dengan cepat. Tempelkan es pada area mata dan diamkan selama 10 menit. Pastikan untuk melapisi es batu menggunakan waslap atau kain untuk mencegah iritasi. 

7. Menenangkan peradangan

Jika Anda mengalami masalah kulit seperti perih, gatal, dan meradang akibat paparan sinar matahari berlebihan. Maka, gunakanlah es batu dengan dikompreskan secara perlahan pada area kulit selama 10 menit. Tindakan ini membantu menyempitkan pembuluh darah, yang berkontribusi dalam meredakan rasa sakit akibat peradangan.

8. Menghilangkan noda merah atau bekas luka

Jika Anda memiliki bekas luka dan noda merah akibat peradangan atau jerawat, maka es batu dapat menjadi solusi untuk mengatasinya. Suhu dingin pada es bisa meredakan peradangan, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan peredaran darah. Semuanya dapat berkontribusi dalam memudarkan atau mengurangi warna kulit yang tidak merata. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro