Ilustrasi laboratorium/kemenkes
Health

Ilmuwan Temukan Pewarna Makanan yang Bisa Bikin Kulit Jadi Transparan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 9 September 2024 - 20:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para peneliti telah menemukan bahwa pewarna makanan yang umum dapat membuat kulit, otot, dan jaringan ikat menjadi transparan untuk sementara.

Hal itu terungkap setelah ilmuwan meneliti otak dan tubuh hewan hidup.

Dalam penelitian itu terungkap, mengoleskan pewarna ke perut tikus membuat hati, usus, dan kandung kemihnya terlihat jelas melalui kulit perut, sementara mengoleskannya pada kulit kepala hewan pengerat tersebut memungkinkan para ilmuwan untuk melihat pembuluh darah di otak hewan tersebut.

Kulit itu akan kembali warna normalnya ketika pewarna telah hilang, menurut para peneliti di Universitas Stanford.

Para peneliti percata prosedur ini membuka banyak kegunaan pada manusia, mulai dari menemukan lokasi luka dan menemukan pembuluh darah untuk mengambil darah hingga memantau gangguan pencernaan dan mendeteksi tumor.

“Daripada mengandalkan biopsi invasif, dokter mungkin dapat mendiagnosis tumor yang tertanam dalam hanya dengan memeriksa jaringan seseorang tanpa memerlukan operasi pengangkatan invasif,” kata Dr Guosong Hong, peneliti senior pada proyek tersebut dilansir dari guardian.

“Teknik ini berpotensi mengurangi rasa sakit saat pengambilan darah dengan membantu ahli phlebotom dengan mudah menemukan lokasi vena di bawah kulit.” tambahnya.

Trik ini serupa dengan pendekatan yang diambil oleh Griffin dalam novel HG Wells tahun 1897, The Invisible Man, yang mana ilmuwan brilian namun terkutuk ini menemukan bahwa rahasia tembus pandang terletak pada pencocokan indeks bias suatu benda, atau kemampuan membelokkan cahaya, dengan indeks bias suatu benda. udara di sekitarnya.

Ketika cahaya menembus jaringan biologis, sebagian besar cahaya tersebar karena struktur di dalamnya, seperti membran lemak dan inti sel, memiliki indeks bias yang berbeda. Saat cahaya berpindah dari satu indeks bias ke indeks bias lainnya, cahaya tersebut membelok, membuat jaringan menjadi buram. Efek yang sama membuat pensil terlihat bengkok saat dijatuhkan ke dalam segelas air.

Dr Zihao Ou dan rekan-rekannya di Stanford berteori, berlawanan dengan intuisi, bahwa pewarna tertentu dapat membuat panjang gelombang cahaya tertentu lebih mudah menembus kulit dan jaringan lain. Pewarna yang menyerap dengan kuat mengubah indeks bias jaringan yang menyerapnya, memungkinkan para ilmuwan mencocokkan indeks bias jaringan yang berbeda dan menekan hamburan apa pun.

Dalam serangkaian percobaan yang dijelaskan dalam Science, para peneliti menunjukkan bagaimana dada ayam segar menjadi transparan hingga berwarna merah beberapa menit setelah direndam dalam larutan tartrazine, pewarna makanan kuning yang digunakan di Doritos AS, minuman SunnyD, dan produk lainnya. Pewarna tersebut mengurangi hamburan cahaya di dalam jaringan, memungkinkan sinar menembus lebih dalam.

Dalam percobaan, ketika peneliti melarutkan tartrazine dalam bahan buram seperti otot atau kulit, yang biasanya menyebarkan cahaya, semakin banyak tartrazine yang kami tambahkan, semakin jernih bahan tersebut. Namun hanya pada bagian spektrum cahaya berwarna merah. Ini bertentangan dengan apa yang biasanya kita harapkan dari pewarna.

Para peneliti menggambarkan proses ini sebagai proses yang “dapat dibalik dan diulang”, dimana kulit akan kembali ke warna alaminya setelah pewarna dihilangkan. Saat ini, transparansi terbatas pada kedalaman penetrasi pewarna, namun patch atau suntikan jarum mikro dapat menghantarkan pewarna lebih dalam.

Prosedur ini belum diuji pada manusia dan para peneliti perlu membuktikan bahwa prosedur ini aman untuk digunakan, terutama jika pewarna disuntikkan di bawah kulit.

Dalam artikel yang menyertainya, Christopher Rowlands dan Jon Gorecki, dari Imperial College London, mengatakan akan ada “ketertarikan yang sangat luas” terhadap prosedur ini, yang bila dikombinasikan dengan teknik pencitraan modern, dapat memungkinkan para ilmuwan untuk mencitrakan seluruh otak tikus atau menemukan tumor. di bawah jaringan setebal satu sentimeter. “HG Wells, yang belajar biologi di bawah bimbingan TH Huxley, sebagai mahasiswa pasti akan menyetujuinya,” tulis mereka.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro