Ilustrasi pertemanan toxic/freepik
Relationship

Ciri-ciri Pertemanan Toxic yang Bisa Merusak Kesehatan Mental

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 September 2024 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persahabatan bisa menjadi salah satu sumber kebahagiaan terbesar dalam hidup.

Persahabatan yang berkualitas penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan, meningkatkan kepuasan dalam hidup kita.

Di sisi lain, persahabatan juga bisa menjadi sumber stres yang besar, terutama ketika hubungan pertemanan Anda tidak seimbang.

Hal itu berdampak negatif pada kesehatan kita, sama seperti dampak positifnya pada hubungan yang baik.

Kata "beracun" atau toxic, sering dilontarkan akhir-akhir ini, dan ini juga berlaku pada pertemanan yang bisa bersifat beracun.

“Perilaku beracun adalah cara bertindak yang merendahkan atau menyulut kemarahan orang lain dan umumnya membuat mereka merasa buruk tentang diri mereka sendiri dan hubungan Anda,” kata Dr. Patrice Le Goy dilansir dari verywell.

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda berada dalam pertemanan yang beracun, dan apa yang harus Anda lakukan?

Berikut tanda-tanda pertemanan toxic yang harus diwaspadai.

1. Mereka Berperilaku Egois

Le Goy menjelaskan bahwa "teman yang beracun mungkin hanya fokus pada diri mereka sendiri dan kebutuhannya, dan tidak bertanya tentang Anda atau memastikan kebutuhan Anda terpenuhi."

Berapa banyak waktu di setiap hangout atau panggilan telepon yang dihabiskan untuk mereka, dibandingkan Anda? Kehidupan secara umum harus 50:50 dengan teman-teman, tidak selalu fokus pada satu orang atau orang lain.

2. Mereka Kritis terhadap Anda

Apakah Anda merasa setiap kali Anda berbicara dengan teman Anda, dia selalu mengatakan sesuatu yang negatif tentang Anda? Ini bisa berupa kritik terhadap perilaku Anda, penampilan Anda, hubungan Anda, kinerja Anda di tempat kerja, keluarga Anda, atau elemen lain dalam hidup Anda.

Teman dimaksudkan untuk menyemangati Anda, bukan membuat Anda khawatir bahwa Anda tidak cukup baik.

3. Mereka Terlalu Kompetitif

Inti dari persahabatan adalah dukungan, dan teman-teman pasti ingin Anda melakukannya dengan baik.

Jika teman Anda bersikap cemburu ketika Anda memberi tahu dia kabar baik yang Anda terima, atau jika dia terus-menerus menunjukkan hal-hal yang membuat hidupnya lebih baik, itu adalah perilaku beracun.

4. Mereka Menjatuhkan Anda

Anda tahu bahwa Anda mempunyai teman yang beracun jika Anda menyadari bahwa setiap kali Anda berinteraksi dengannya, Anda merasa lebih buruk daripada sebelumnya.

Hal ini bisa terjadi karena mereka kritis, manipulatif, atau bersaing dengan Anda. Apa pun alasannya, jika Anda meninggalkan interaksi dengan perasaan yang lebih buruk dan bukannya lebih baik, itu berarti ada masalah.

5. Mereka Memanipulasi Anda

Teman tidak boleh menyalahkan satu sama lain dalam suatu aktivitas.

Anda tidak boleh meninggalkan hangout dengan perasaan seolah-olah Anda telah melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan hanya untuk menyenangkan teman Anda.

Saat Anda menunjukkan manipulasinya kepada mereka, jika mereka memberi tahu Anda bahwa Anda salah, mereka mungkin akan membuat Anda marah. Itu juga merupakan sifat beracun.

6. Mereka Tidak Dapat Dipercaya

Rahasia Anda harus disimpan oleh teman-teman Anda, dan Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu.

Mereka mungkin berbagi rahasia atau gosip tentang Anda dengan teman-teman lain. Jika Anda merasa tidak bisa memercayai seseorang atau tidak menginginkan yang terbaik untuk Anda, kemungkinan besar dia adalah teman yang beracun.

7. Dramanya Tidak Pernah Berhenti

Teman-teman yang beracun membawa drama ini ke mana pun mereka pergi. Sikap egois seperti ini juga bisa menjadi tanda narsisme.

8. Mereka tidak tulus

Mungkin teman Anda mengakui kesalahannya pada Anda, tetapi Anda merasa permintaan maafnya tidak tulus. Atau mungkin ketika mereka ingin mengatakan sesuatu yang baik kepada Anda, naluri Anda mengatakan bahwa mereka tidak bersungguh-sungguh.

Mereka mungkin mengatakan sesuatu yang baik karena mereka menginginkan sesuatu dari Anda. Perhatikan tindakan teman Anda, bukan hanya perkataannya.

9. Mereka tidak dapat diandalkan

Anda harus bisa mengandalkan teman-teman Anda.

Jika mereka tidak pernah ada ketika Anda membutuhkan bantuan atau butuh mereka di sekitar Anda, dan sepertinya hanya ada saat mereka membutuhkan Anda, Anda mungkin berurusan dengan teman yang beracun.

10. Mereka Mengisolasi Anda

Teman yang beracun mungkin mencoba menciptakan jarak antara Anda dan hubungan lain dalam hidup Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengkritik pasangan, menyebarkan gosip tentang teman, atau bahkan berbicara negatif tentang rekan kerja.

Teman yang beracun akan melakukan ini agar Anda menjadi lebih bergantung padanya, sehingga semakin terjebak dalam persahabatan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro