Ilustrasi air putih/ayosehatkemenkes
Health

Perbanyaklah Minum Air Putih, Setelah Anda Berusia 50 Tahun

Redaksi
Minggu, 22 September 2024 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Minum air putih yang banyak sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan minum air putih, tubuh tercegah dari dehidrasi dan kerusakan organ.

Oleh sebab itu, setiap orang sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari.

Namun, masih banyak orang yang tidak mengikuti aturan 8 gelas. Padahal, anda perlu minum lebih banyak air untuk melumasi sendi, menyeimbangkan suhu tubuh, dan membuang zat sisa dari tubuh.

Menurut artikel tahun 2023 di Nutrients, mulai usia 40 tahun, ginjal mulai kehilangan kemampuannya untuk menyimpan air, sehingga mulai sulit untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Setelah mencapai usia 65 tahun, penurunan fungsi ginjal akan semakin cepat. Ini merupakan salah satu alasan mengapa kalangan lansia lebih rentan terhadap dehidrasi.

Alasan lain yang menyebabkan lansia rentan terhadap dehidrasi adalah kecenderungan mengonsumsi banyak obat. Metformin dan obat-obatan serupa yang digunakan untuk mengobati diabetes dapat memengaruhi kadar hidrasi lansia dan memicu lebih seringnya buang air kecil.

Seiring dengan bertambahnya usia, tulang rawan yang melindungi sendiri juga akan mulai rusak. Tulang rawan terdiri dari 80% air. Jadi, saat anda mengalami dehidrasi, tubuh berisiko menarik cairan dari sendi untuk menjalankan fungsi lainnya.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Sumber : Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro