Ilustrasi air putih/ayosehatkemenkes
Health

8 Khasiat Minum Air Putih, Terutama Saat Perut Kosong

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 15 September 2024 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Air putih membantu metabolisme, meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif, mengatur suhu tubuh, mengeluarkan racun, meningkatkan pengiriman oksigen ke sel, dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Hidrasi yang tepat juga mendukung penurunan berat badan dan mengatur pergerakan usus.
 
Dilansir dari timesofindia, menurut Institute of Medicine, pria harus mengonsumsi sekitar 3 liter air per hari, sedangkan wanita harus minum lebih dari 2 liter, dan wanita hamil membutuhkan hingga 2,5 liter.

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, karena membantu tubuh berfungsi secara efisien dan melindungi dari berbagai masalah kesehatan.

Berikut 5 khasiat minum air putih setelah bangun tidur

1. Meningkatkan mood, tidur, dan kognisi

Menurut Harvard Health, orang yang mengonsumsi banyak air memiliki pola tidur yang lebih baik, suasana hati yang lebih baik, dan fungsi kognitif yang lebih baik. Tetap terhidrasi memainkan peran penting dalam kinerja otak dan kesejahteraan emosional.

2. Mengatur suhu tubuh

Air membantu mengatur suhu tubuh Anda dengan menyerap dan melepaskan panas secara efisien. Tetap terhidrasi memungkinkan tubuh Anda mempertahankan suhu normal, bahkan dalam kondisi ekstrem, menurut The Harvard Medical School Special Health

3. Membuang racun

Minum air yang cukup membantu pembuangan limbah dengan meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus. Ini membantu tubuh Anda menghilangkan racun melalui urin, keringat, dan buang air besar, meningkatkan kesehatan pencernaan yang lebih baik. 

4. Meningkatkan pengiriman oksigen

Air membantu mengangkut nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh, memastikan proses penting berjalan lancar. Tetap terhidrasi memastikan sirkulasi darah yang lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan fungsi organ yang sehat.

5. Melembabkan dan menutrisi kulit

Minum air memiliki dampak nyata pada kesehatan kulit. Ini membantu kulit Anda tetap lembab, meningkatkan elastisitas, dan memberi Anda kulit bercahaya. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kulit tampak awet muda.

6. Penurunan berat badan

Minum air terlebih dahulu di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme Anda selain mengekang nafsu makan, dan membantu Anda menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat membantu mengatur nafsu makan.

7. Mengatur pergerakan usus

Minum air putih di pagi hari dapat membantu membersihkan usus dan menghilangkan sembelit. Air dapat membantu melunakkan tinja dan memudahkan pembuangannya. Meminum air juga dapat membantu makanan bergerak melalui usus dan menjaganya tetap fleksibel.

8. Kesehatan rambut dan kesehatan kulit

Hidrasi yang tepat dapat menjaga tingkat pH yang tepat pada kulit kepala Anda, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, banyak masalah rambut seperti ketombe, gatal-gatal, dan iritasi juga bisa diatasi jika Anda mencukupi kebutuhan air dalam sehari. Minum air putih yang cukup dapat menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak bersinar. Dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro