Cara download video di Facebook
Entertainment

Facebook Tarik Minat Para Dewasa Muda dengan Fitur Baru

Mutiara Nabila
Sabtu, 5 Oktober 2024 - 19:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Facebook, salah satu pionir jaringan media sosial, saat ini lebih dikenal sebagai platform orang tua dan kakek-nenek, sementara orang dewasa muda cenderung lebih sering menggunakan aplikasi foto dan video seperti Instagram dan TikTok.

Namun, Meta, perusahaan yang menaungi Facebook, berupaya mengubahnya. Mengutip Reuters, Head of Facebook Tom Alison mengatakan bahwa meskipun Facebook awalnya difokuskan untuk membantu pengguna tetap terhubung dengan keluarga dan teman, tapi masa depannya terletak pada upaya membantu orang memperluas jaringan dan membuat koneksi baru. Hal ini dinilai sejalan dengan cara generasi muda menggunakan layanan tersebut.

"Kami melihat orang dewasa muda beralih ke Facebook saat mereka menjalani transisi dalam hidup. Saat mereka pindah ke kota baru, mereka menggunakan Marketplace untuk melengkapi apartemen mereka. Saat mereka menjadi orang tua, mereka bergabung dengan kelompok orang tua," kata Alison dikutip Sabtu (5/10/2024).

Oleh karena itu, untuk menjawab kebutuhan orang dewasa muda, Facebook mengumumkan dua fitur tab baru bernama Local dan Explore, yang saat ini sedang diuji di kota dan pasar tertentu dan yang mengumpulkan konten dari seluruh platform. 

Tab Local akan menunjukkan kepada pengguna acara terdekat, grup komunitas, dan barang lokal untuk dijual. Sementara tab Explore akan merekomendasikan konten berdasarkan minat pengguna.

Peningkatan fokus pada orang dewasa muda akan menjadi kunci untuk mendatangkan pengguna baru setelah Facebook menghadapi persaingan ketat untuk mendapatkan perhatian mereka. 

Aplikasi video pendek TikTok memiliki 150 juta pengguna di AS dan sangat populer di kalangan Gen Z, mendorong Meta untuk memperkenalkan produk tiruannya yang disebut Reels pada 2021.

Sementara di Facebook, orang dewasa muda menghabiskan 60% waktu mereka untuk menonton video dan lebih dari setengahnya menonton Reels setiap hari. 

Perusahaan itu mengatakan juga akan meluncurkan tab video terbaru dalam beberapa pekan mendatang yang mengumpulkan video pendek, langsung, dan lebih panjang di satu tempat.

Fitur kencan Facebook, yang diluncurkan pada 2019 dan memungkinkan pengguna untuk melihat profil yang disarankan, juga bakal dioptimalkan setelah mengalami peningkatan percakapan sebesar 24% dari tahun ke tahun di kalangan dewasa muda di AS dan Kanada.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro