Tips cinta/The Wellness Corner
Relationship

Tips Cinta, Kenali Closure di Dalam Suatu Hubungan

Redaksi
Senin, 7 Oktober 2024 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam hubungan percintaan, pria dan wanita kerap kali dihadapkan dengan perpisahan karena kurang memahami keinginan masing-masing.

Perpisahan terjadi karena tidak adanya pengakhiran/penutupan yang jelas dari salah satu pihak. Pihak yang ditinggalkan akan kebingungan dan sulit untuk mencerna apa yang terjadi. Alih-alih move on, yang terjadi justru terjebak dalam masa lalu yang tidak pernah selesai atau butuh waktu lama untuk memulihkan diri.

Dikutip dari Mariage.com, Senin (7/10/2024), istilah Closure awalnya diperkenalkan oleh Arie W. Kruglanski, seorang profesor universitas dan Fellow dari American Psychological Association dan American Psychological Society pada tahun 1990.

Dia muncul dengan istilah 'Need for Closure' yang mengartikan bahwa Closure merupakan keinginan dari individu/personal untuk menemukan jawaban pasti dari ketidakjelasan dalam suatu hubungan.

Lalu apa itu Closure?

Closure sendiri dapat diartikan sebagai “Penutupan” yang dalam konteks hubungan percintaan, merupakan akhir yang jelas dari perpisahan. Hal ini akan menimbulkan kesan positif, dimana kamu tidak harus berakhir asing dengan mantan. Closure, memungkinkan pasangan yang sudah berpisah untuk menjadi teman atau bahkan sahabat.

Bagaimana cara mendapatkannya/melakukannya?

Tapi sejatinya, banyak orang yang tidak mampu melakukan “Closure” sehingga berakhir dengan perpisahan menyedihkan. Ini bisa saja terjadi lantaran kamu tidak tau bagaimana cara mendapatkan atau melakukan “Closure.”

1. Jangan paksa pasangan melakukan “Closure”

Closure merupakan niat, jadi jangan paksakan itu kepada orang-orang. Cukup lakukan dorongan dengan mempertanyakan alasan, dengan tidak memaksakan. Memang membutuhkan waktu yang lama, tapi setidaknya itu lebih baaik dari pada memaksa dengan akhir yang justru berantakan.

2. Hindari interaksi online di ujung hubungan

Lakukan pertemuan langsung dalam mengakhiri hubungan, kamu tidak akan bisa mendapatkan atau melakukan closure apabila tidak bertemu. Berterusteranglah kepada pasangan tentang alasan mengapa mengakhiri hubungan.

3. Berlaku selayaknya teman

Apabila hubungan telah berakhir dan masih belum mendapatkan Closure. Coba untuk lakukan komunikasi layaknya teman, hindari interaksi online, untuk mengurangi potensi asumsi lawan jenis apabila kamu ingin baikan. Hal tersebut dapat menjadi batu penghalang karena menciptakan situasi tidak nyaman untuk lawan jenis.

4. Komunikasi yang jujur

Memulai percakapan terbuka dan jujur, dapat menjadi cara melunakkan hati mantan pasangan yang tidak ingin bertemu. Ketika kamu melakukan percakapan yang jujur dan tenang, ini bisa menyelesaikan kesalahpahaman dan menawarkan Closure kepada mantan pasangan.

Apakah wajib melakukan/mendapatkan Closure?

Tidak ada tolak ukur kewajiban dalam mendapatkan atau melakukan Closure Anda juga tidak dapat memaksa mantan untuk melakukan closure. Namun, dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengurangi rasa sakit dan kebencian terhadap mantan pasanganmu.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro