Manfaat mendengar musik bagi orang tua/Skoove
Health

Ini 10 Manfaat dari Mendengarkan Musik, Bisa Bantu Meredakan Rasa Sakit

Redaksi
Rabu, 9 Oktober 2024 - 21:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mendengarkan musik tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat membuat Anda lebih sehat, secara psikologis. 

Efek psikologis musik sangat luas. Musik dapat mempengaruhi perasaan dan pikiran seseorang. Bahkan terdapat terapi musik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan emosional dan membantu mengatasi stres.

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (9/10/2024), terapi musik sangat efektif untuk membantu orang yang kesulitan berkomunikasi secara verbal karena mendengarkan musik tidak mengharuskan orang untuk komunikasi dua arah secara langsung.

Kesulitan berkomunikasi secara verbal ini biasanya disebabkan oleh disabilitas, kondisi neurodegeneratif, seperti demensia, cedera otak, atau masalah kesehatan mental. 

Ini 10 manfaat psikologis dari mendengarkan musik menurut verywellmind.com:

1. Musik Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

Penelitian menunjukkan bahwa memutar musik saat sedang beraktivitas dapat meningkatkan kinerja tugas kognitif. Penelitian juga menemukan bahwa orang yang memutar musik dengan irama yang lebih cepat menghasilkan peningkatan kecepatan pemrosesan.

Dalam penelitian juga dikatakan memutar musik seperti instrumen dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kinerja mental dibandingkan dengan lagu dengan lirik yang rumit dan berbelit karena kemungkinan akan lebih mengganggu.

2. Musik Dapat Mengurangi Stres

Mendengarkan musik dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres. Penelitian telah menemukan bahwa mendengarkan musik memiliki dampak pada respons stres manusia. Orang yang mendengarkan musik cenderung lebih cepat pulih setelah mengalami stress. Bukti juga menunjukkan bahwa musik yang berfrekuensi tinggi dapat melepas stress lebih baik.

3. Musik Dapat Mempengaruhi Perilaku Makan

Penelitian menemukan emosi yang dirasakan saat mendengarkan musik dapat mempengaruhi perilaku makan seseorang. Misalnya, orang cenderung akan merasa minumannya jadi lebih manis dan lebih enak ketika menikmatinya dengan musik yang membawa energi positif.

4. Musik Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Studi menemukan bahwa mendengarkan musik saat belajar dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis musik dan selera pendengar terhadap musik tersebut.

Penelitian juga menemukan bahwa seseorang dapat belajar lebih baik ketika mendengarkan musik yang positif. Hal ini disebabkan karena lagu-lagu tersebut memunculkan emosi yang lebih positif tanpa mengganggu pembentukan memori.

5. Musik Dapat Membantu Mengelola Rasa Sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu pengelolaan rasa sakit seseorang. Penelitian ini dilakukan kepada salah satu pasien fibromyalgia (penderita nyeri kronis).

Dalam penelitian tersebut, sang pasien mendengarkan lagu yang menenangkan dan menyenangkan sesuai selera dan hasil membuktikan mendengarkan musik tersebut selama 1 jam sehari dapat membantu sang pasien untuk mengurangi rasa sakit dan dapat meningkatkan mobilitas sang pasien. Selain itu, mendengarkan musik sebelum operasi juga dapat memberikan hasil yang baik dalam pengelolaan rasa sakit sang pasien.

6. Musik Dapat Membantu Tidur Lebih Baik

Tinjauan penelitian menemukan bahwa musik memiliki dampak yang baik pada kualitas tidur seseorang. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa musik dapat membantu seseorang tertidur lebih cepat dan bahkan menambah durasi tidur. Kebanyakan dari lagu yang dapat meningkatkan kualitas tidur ini adalah lagu-lagu yang berirama menenangkan.

7. Musik Dapat Meningkatkan Motivasi

Musik berirama cepat memotivasi orang untuk jadi lebih sering berolahraga. Studi menemukan orang akan berolahraga lebih lama saat mendengarkan musik.

Studi juga mengatakan mendengarkan musik bertempo cepat saat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan kinerja olahraga seseorang. Dengan kata lain, orang tersebut tidak akan merasa sulit ketika melakukan olahraga yang berat.

8. Musik Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Musik dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Hal ini karena mendengarkan musik dapat mendorong pelepasan dopamin dan neurotransmitter yang berkaitan dengan perasaan menyenangkan. Perasaan senang ini juga didapat dari pengalaman menonton konser dan bermain alat musik.

9. Musik Dapat Mengurangi Gejala Depresi

Peneliti menemukan terapi musik dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk berbagai masalah kesehatan mental, termasuk depresi. Terapi musik ini juga menjadi salah satu alternatif yang aman dan berisiko rendah untuk mengurangi kecemasan bagi orang yang menderita kondisi neurologis, seperti demensia, stroke dan penyakit parkinson.

10. Musik Dapat Meningkatkan Daya Tahan dan Performa Saat Berolahraga

Musik sangat berpengaruh pada peningkatan performa seseorang. Hal ini terjadi karena mendengarkan musik saat berolahraga dapat menurunkan persepsi seseorang terhadap kelelahan. Pikiran akan teralihkan oleh musik dan orang akan cenderung tidak menyadari tanda-tanda kelelahan yang nyata seperti peningkatan pernapasan, keringat, dan nyeri otot. 

Itulah beberapa manfaat yang dapat mempengaruhi kesehatan psikologis dari mendengarkan musik. Sudahkah Anda mendengarkan musik hari ini? (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro