Pedagang menata kurma dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

5 Buah-buahan Kering untuk Turunkan Kadar Asam Urat

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Oktober 2024 - 15:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti asam urat dan batu ginjal.

Dilansir dari timesofindia, buah-buahan kering adalah sumber vitamin esensial, mineral, dan lemak sehat yang dapat membantu proses ini.

Berikut 5 buah kering yang secara alami dapat mendukung penurunan kadar asam urat dalam tubuh.

1. Kenari

Kacang kenari terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan yang terkait dengan kadar asam urat yang tinggi.

Peradangan pada persendian, khususnya, adalah gejala umum asam urat, suatu kondisi yang terkait dengan peningkatan asam urat.

Kacang kenari juga rendah purin, menjadikannya pilihan camilan yang sangat baik bagi mereka yang ingin mengatur kadar asam urat tanpa memicu penumpukan lebih lanjut di dalam tubuh.

2. Kacang mete

Kacang mete mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang meningkatkan kesehatan jantung dan dapat membantu mengatur metabolisme lemak tubuh secara keseluruhan.

Metabolisme yang diatur dengan baik dapat membantu menjaga kadar asam urat tetap terkendali. Kacang mete juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang berperan dalam meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan, membantu tubuh menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien.

Namun, karena kacang mete memiliki kandungan purin yang sedikit lebih tinggi dibandingkan buah kering lainnya, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

3.  Pistachio

Pistachio kaya akan antioksidan seperti polifenol dan flavonoid, yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Tingkat stres oksidatif yang tinggi dapat menyebabkan peradangan dan peningkatan kadar asam urat.

Antioksidan dalam pistachio bekerja untuk menetralisir radikal bebas, membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan kadar asam urat tinggi. pistachio rendah purin, menjadikannya pilihan yang aman dan sehat bagi mereka yang mengelola asam urat.

4. Kacang almond

Almond adalah sumber serat makanan yang sangat baik, yang berperan dalam menjaga pencernaan yang baik dan membantu pembuangan kelebihan asam urat melalui ginjal. Mereka juga kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal, yang mendukung kesehatan jantung dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Karena almond rendah purin dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, almond merupakan tambahan yang bagus untuk diet yang bertujuan mengurangi kadar asam urat.

5. Kurma

Kurma kaya akan serat makanan dan potasium, yang keduanya membantu meningkatkan fungsi ginjal. Fungsi ginjal yang baik sangat penting dalam menghilangkan asam urat dari aliran darah.

Meskipun kurma secara alami memiliki rasa manis dan lebih tinggi gula dibandingkan buah kering lainnya, kurma hampir tidak mengandung purin, menjadikannya pilihan yang aman bagi mereka yang perlu mengontrol kadar asam urat.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro