Ilustrasi/Express.co.uk
Health

7 Tanda Anda Terlalu Memanjakan Anak

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 18 Desember 2014 - 07:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Sebagai orangtua, Anda tentu selalu berusaha menyenangkan hati anak Anda dan memenuhi semua kebutuhannya.

Namun ada hal yang kadang tidak Anda sadari, yaitu Anda terlalu memanjakan anak, sehingga akhirnya mereka tumbuh menjadi anak yang berharap semua keinginannya dapat terwujudkan.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan Anda terlalu memanjakan anak-anak Anda, seperti dilansir oleh Allwomenstalk.

1. Anda tidak pernah mengatakan "tidak"

Salah satu tanda peringatan bahwa Anda mungkin terlalu memanjakan anak-anak Anda adalah jika mereka tidak pernah mendengar kata "Tidak" dari Anda.

Anda membuat anak berpikir bahwa semua keinginannnya bisa terpenuhi, selama mereka memintanya kepada Anda. Jika dibiasakan, hal ini nantinya akan membuat mereka terkejut saat mereka dewasa dan harus membiayai hidupnya sendiri, tanpa bantuan Anda.

2. Anda berutang

Tentu saja Anda ingin anak-anak Anda untuk menikmati hari ulang tahun mereka atau pergi berlibur ke luar negeri, tetapi berutang demi menyenangkan hati mereka hanya akan membuat Anda kesulitan sendiri pada akhirnya. Cobalah cari cara untuk menyenangkan hati anak, tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

3. Anda mengabulkan semua tuntutan mereka

Apakah Anda menyerah pada tuntutan anak-anak Anda hanya untuk memiliki kehidupan yang tenang? Mengabulkan semua tuntutan mereka merupakan sesuatu yang salah, karena nantinya mereka berpikir yang harus mereka lakukan adalah terus menuntut Anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

4. Mereka punya terlalu banyak mainan

Berapa banyak mainan dan gadget yang anak-anak Anda miliki? Jika mereka tidak bermain dengan sebagian besar barang yang mereka miliki, maka ada kemungkinan mereka memiliki terlalu banyak barang. Sebaiknya rem diri Anda untuk membeli mainan baru atau sumbangkan mainan lama anak Anda begitu Anda membelikan barang baru untuk mereka.

5. Mereka selalu merengek

Frase seperti “Tapi semua teman-teman saya akan... "atau" Saya benar-benar ingin” mungkin akrab bagi setiap orangtua. Anak-anak bisa merengek untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun jika mereka selalu merengek, maka kemungkinan besar Anda terlalu memanjakannya.

6. Lebih dari yang Anda miliki

Apakah Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli pakaian anak-anak Anda dari pada pakaian Anda sendiri, dan membelikan mereka gadget yang bahkan Anda tidak memilikinya? Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda terlalu memanjakan mereka. Mereka tidak perlu tablet, TV, dan laptop. Memberi pelajaran kepada mereka untuk saling berbagi adalah hal yang baik, jadi pertimbangkan untuk memiliki satu tablet saja di rumah agar mereka tahu mengenai berbagi dengan sesama.

7. Mereka tidak pernah bahagia

Jika anak-anak Anda tidak pernah bahagia dengan hal-hal yang mereka miliki, apakah itu mainan, gadget, atau perjalanan bersama keluarga, mereka pasti terlalu dimanjakan. Tunjukkan pada anak Anda bahwa ada banyak cara untuk bahagia, misalnya dengan bersyukur atas apa yang dimiliki. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

4 Tips Bekerja Profesional Saat Teman Jadi Atasan Anda

Blake Lively Tetap Tampil Modis Saat Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Sumber : Allwomenstalk
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro