Ilustrasi/Stansburylegal
Relationship

4 Cara Atasi Permasalahan dalam Bisnis Keluarga

Andhina Wulandari
Selasa, 26 Mei 2015 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Membangun bisnis bersama keluarga, baik orangtua, saudara kandung, atau keluarga dekat lainnya, tidak selalu mudah. Akan ada banyak tantangan yang Anda temui.

Supaya hubungan keluarga dan bisnis tetap terjalin baik, coba dulu ikuti beberapa tips dalam mengatasi permasalahan dalam bisnis keluarga berikut ini, seperti dilansir laman Entrepreneur.

1. Ketahui setiap kekuatan anggota keluarga

Dalam membangun bisnis bersama keluarga, Anda harus tahu peran masing-masing anggota keluarga dalam bisnis tersebut. Setiap orang harus tahu perannya, tanggung jawabnya, dan siapa pemimpin yang bisa mengatur itu semua agar tetap berada di jalur yang tepat.

Pastikan juga peran setiap anggota keluarga juga sesuai dengan minat dan kemampuannya. Jangan sampai bisnis keluarga jadi berantakan karena kesalahan pengaturan peran.

2. Jauhkan masalah personal

Karena punya kedekatan hubungan, maka sering kali masalah personal ikut masuk ke dalam masalah bisnis. Sebisa mungkin jauhkan emosi yang berkaitan dengan pribadi dalam bisnis keluarga Anda. Bagaimanapun ini adalah bisnis, sehingga Anda harus tetap bekerja seprofesional mungkin.

3. Pahami perbedaan generasi

Tak jarang pula perbedaan generasi dan kebiasaan menjadi masalah dalam bisnis, namun Anda harus bisa saling memahami. Misalnya, jika berbisnis dengan orang yang lebih tua, mereka cenderung melakukan pembukuan keuangan dengan cara lama, yaitu menggunakan buku. Sementara Anda lebih suka menggunakan komputer. Meski berbeda, Anda tetap bisa menyatukan keduanya karena cara lama bisa juga menjadi pendukung cara yang lebih modern.

4. Pisahkan waktu pribadi dengan profesional

Anda harus ingat bahwa ketika Anda berbisnis bersama keluarga, Anda sebaiknya tetap punya waktu untuk menikmati saat-saat menyenangkan bersama keluarga tanpa berpikir soal bisnis. Misalnya, jangan sekali-sekali membicarakan bisnis saat makan malam keluarga. Dengan cara ini, Anda tetap memiliki waktu keluarga dan beristirahat sejenak dari pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Entrepreneur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro