Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia/Freepik.com
Health

Tips Bahagia, Stop Lakukan 12 Hal Ini agar Hidup Damai

Anitana Widya Puspa
Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kebahagiaan dan kedamaian adalah hal yang sangat diinginkan setiap orang selama hidup. Namun, ada beberapa hal yang harus dilepaskan dan berhenti dilakukan agar hidup Anda menjadi bahagia.

Dilansir dari Bolde.com, Sabtu (23/3/2024) kehidupan yang damai akan membuat pikiran juga dan tak ada hal negatif. Jika ingin memiliki kedamaian dalam hidupmu, inilah saatnya untuk menyingkirkan jauh-jauh hal-hal di bawah ini, seperti yang dirangkum dari 

Simak 12 cara agar hidup damai dan bahagia:

1. Rasa Takut Gagal

Istilah ini dikenal dengan atychiphobia. Perfeksionisme, dengan standar yang sangat tinggi, dapat menyebabkan kelelahan, kecemasan, dan rasa tidak memadai yang persisten. Namun, hal yang perlu kamu ingat bahwa kegagalan bukanlah akhir, melainkan batu loncatan dalam perjalanan menuju pertumbuhan.

2. Menunda

Menunda melakukan sesuatu membuat banyak tugas-tugas yang belum selesai menumpuk, menciptakan stres dan rasa bersalah yang konstan. Perasaan mengganggu ini bisa menguras motivasi kamu bahkan lebih jauh. 

Secepat mungkin menyelesaikan urusan yang harus ditangani bisa memberikan rasa lega dan membangun kebiasaan sehat untuk menyelesaikan persoalan lainnya.

3. Stop Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Berhenti membandingkan dirimu dengan yang lain karena bisa memukul rasa percaya diri anda. Pada kenyataannya, setiap orang memiliki jalannya sendiri yang unik. Fokuslah pada perjalanan diri Anda sendiri dan terimalah siapa diri anda. Anda akan berkembang lebih jauh.

4. Ketidakteraturan

Ruang yang berantakan bisa mencerminkan pola pikir yang juga berantakan. Dengan merapikan ruangan, Anda bisa meningkatkan suasana hati dan produktivitas Anda.

Mulailah dari yang kecil, menyusun laci, merapikan meja. Tambahkan beberapa sentuhan pribadi, seperti selimut yang nyaman atau pencahayaan suasana, sehingga Anda memiliki tempat perlindungan yang menenangkan untuk menyelesaikan tugas-tugas.

5. Hentikan Mengonsumsi Media yang Negatif 

Begitu banyak hal yang menyedihkan terjadi di sekitar kita yang digambarkan oleh media. Paparan konstan terhadap berita negatif dapat memenuhi pikiran kita dengan kecemasan dan stres. 

Jadi pertahankan keseimbangan antara tetap terinformasi dan konsumsi berita yang bisa melindungi kesejahteraan mental Anda.

6. Menjadi "Terlalu Sibuk" Memiliki Waktu Untuk Diri Sendiri

Mengabaikan "waktu untuk diri sendiri". Kita sendiri yang membuat diri kita "terlalu sibuk." Berikan diri Anda aktivitas yang dapat mengisi ulang energi Anda. Entah itu membaca, berjalan-jalan. Jadwalkan dalam jadwal Anda dan buatlah itu tidak dapat dinegosiasikan! Anda yang bahagia dan sehat jauh lebih baik dalam menjalankan aktivitas lainnya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro