lensa kontak/mamahealths.com
Health

Pemakaian Lensa Kontak Tingkatkan Risiko Infeksi

Nancy Junita
Senin, 1 Juni 2015 - 07:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Pemakaian lensa kontak meningkatkan risiko infeksi pada mata. Demikian hasil penelitian para ahli dari NYU Langone Medical Centre di New York City yang dipimpin Dr Maria Gloria Dominguez-Bello.

Dilansir News.com.au, Senin (1/6/2015), penelitian para ahli itu menjelaskan mengapa pemakai lensa kontak lebih rentan terhadap infeksi mata dibanding mereka yang tak menggunakan lensa kontak. Infeksi terjadi karena lensa mentransfer kuman dari kulit mata, sehingga mengganggu ekositem bakteri dan memicu infeksi dan peradangan.

"Penelitian kami jelas menunjukkan bahwa menempatkan benda asing, seperti lensa kontak, pada mata bukanlah tindakan netral," kata Maria Gloria Dominguez-Bello.

"Temuan ini akan membantu para ilmuwan lebih memahami masalah lama tentang mengapa pemakai kontak lensa lebih rentan terhadap infeksi mata dari pemakai non-lensa."

Para peneliti mengambil ratusan penyeka dari berbagai bagian mata dengan responden sebanyak sembilan pemakai lensa kontak,  dan 11 peserta yang tidak memakai lensa kontak.

Mereka menemukan pada kedua kelompok, di  permukaan mata (konjungtiva)  ada beragam bakteri dari kulit, tepat di bawah mata. Tiga tipe kuman (bakteri) yang ditemukan adalah Methylobacterium, Lactobacillus, Acinetobacter dan Pseudomonas - diidentifikasi pada bola mata dari pemakai lensa kontak.

Ekosistem mikroba yang banyak itu pada pemakai lensa kontak lensa ternyata berasal dari kulit dari mata.

"Percobaan selanjutnya adalah kami akan  menunjukkan apakah perubahan mikroba pada pemakai lensa adalah karena jari menyentuh mata, atau dari tekanan langsung lensa yang memengaruhi, dan mengubah sistem kekebalan tubuh di mata, "kata Dominguez-Bello.

Penemuan ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society for Microbiology di New Orleans. Ditemukan,  5.245 strain dan subtipe bakteri berbeda pada mata pemakai lensa dan 5.592 strain di mata  yang tak pemakai lensa kontak.

Anehnya, penelitian menunjukkan bahwa bakteri Staphylococcus -  terkait dengan infeksi mata dan lebih menonjol pada kulit - ditemukan di mata responden yang tak memakai lensa kontak.  Para ilmuwan belum bisa memberi penjelasan untuk hasil ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : News.com.au
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro