Yovie Widianto/Antara
Musik

Kala Yovie Widianto Racik Musik Pentatonik Jawa

Duwi Setiya Ariyanti
Jumat, 4 September 2015 - 10:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Komposer Yovie Widianto yang terkenal piawai menciptakan lagu cinta, kini tampil mengemas nada-nada khas Jawa dengan citarasa lain.

Melalui peragaan busana bertajuk Pasar Malam karya Denny Wirawan, Yovie menampilkan musik racikannya yang menggabungkan sentuhan etnik dan modern.

Peragaan yang memamerkan pesona Batik Kudus menjadi kian menarik dengan iringan musik yang menghentak namun sesekali terdengar lirik berbahasa Jawa.

Pada sajian berdurasi 35 menit itu pula perkusi, saxophone, orkestra, nuansa musik elektrik dan akustik Jawa menyatu. Permainan nada dan alat musik yang silih berganti menambah cerita soal kesemarakkan pasar malam semakin terasa.

Yovie mengatakan ketertarikannya terhadap musik tradisional Indonesia ini sudah sejak lama. 1985 dan 1986 adalah masa saat penghargaan pernah diraihnya dari musik ini. Apa yang ditunjukkan merupakan bukti bahwa sentuhan tradisional masih tetap terasa meski dibalut kemasan yang modern.

"Sedikit Katy Perry tapi ada nada Jawa. Ketika lirik jawa masuk ke musik modern, Jawanya enggak akan luntur," ujarnya dalam jumpa pers, Kamis (3/9/2015).

Dia menganggap musik sangatlah progresif pergerakannya. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membuat musik tradisional tetap populer. Itulah yang menurutnya bisa menceritakan keindahan Indonesia dari segi musik.

"Dengarkan poin-poinnya, di situ akan terasa bahwa Indonesia begitu indah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro