Cek kesehatan melalui mulut/Istimewa
Health

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

Dewi Andriani
Jumat, 23 Desember 2016 - 07:04
Bagikan

Binis.com, JAKARTA -- Anda pernah sariwan? walaupun penyakit ringan, tapi ketika menyerang, Sariawan terasa begitu perih dan dapat mengganggu sehingga mempengaruhi kualitas hidup keseharian para penderitanya. Sariawan memang merupakan luka ringan yang dapat sembuh sendiri (self- limiting disease) dalam waktu 10 - 14 hari untuk sariawan jenis kecil ringan (minor) dan 4 minggu untuk jenis yang berat (mayor).

Drg Rahmi Amtha MDS, Sp, PM Phd mengatakan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan orang terkena sariawan. a.l: trauma (tergigit/sikat gigi/kawat gigi), genetik, berhenti merokok, perubahan hormon, stres dan defisiensi nutrisi. Sariawan sebetulnya hanya menggambarkan adanya kondisi luka pada jaringan lunak mulut yang sering menimbulkan rasa sakit.

”Dalam bahasa kedokteran sariawan dikenal dengan nama stomatitis aftosa.Luka seperti stomatitis aftosa mirip dengan sariawan yang disebabkan karena akibat infeksi, autoimun, reaksi alergi dan lain-lain. Hal ini harus dibedakan dengan luka atau sariawan yang terjadi karena latar belakang trauma. Baik trauma fisik, psikis, trauma termal ataupun trauma kimia,”tutur Drg Rahmi Amtha dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (22/12/2016).

Tapi sariawan juga menyerang orang yang daya tahan tubuhnya rendah atau rendahnya nutrisi yang masuk. Ini yang bisa mengakibatkan sariawan terjadi secara berulang-ulang. Perihnya tersebut menyebabkan banyak masyarakat yang menggunakan berbagai cara untuk mengghilangkan si penyakit mulut ini.

Selama ini, banyak yang menggunakan obat yang jika ditetesi atau dioles pada bagian yang luka akan terasa perih. Kini sariawan tersebut bisa diobati menggunakan plester sariawan merk Ulceloocin yang dapat menghilangkan sariawan tanpa rasa perih dan aman.

Plester Sariawan merupakan Sediaan “hydrogel kering” yang tidak mengandung bahan tambahan lain ataupun obat. Sangat aman bila plester tersebut tertelan. Plester ini bisa digunakan orang dewasa maupun anak-anak. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh dokter gigi Drg Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, Phd dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Jakarta bersama tim-nya, Drg Marcia Sp.PM dan Anggia Irma Aninda Plester Sariawan aman & ampuh digunakan untuk sariawan.

”Kami telah melakukan penelitian terhadap Plester Sariawan. Ini sesuatu yang baru dan dapat menjadi pilihan alternatif pengobatan sariawan. Mengapa demikian, karena salah satu prinsip dasar mengobati sariawan adalah obat atau bahan yang dipakai harus mampu bersifat covering agent, sehingga memberikan kesempatan pada jaringan luka/sariawan untuk beregenerasi dan akhirnya menyembuh.

” Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa daya cengekram obat ini, sangat baik dan tidak ada perbedaan bermakna dengan penggunaan obat jenis orabase, “tambah Drg Rahmi Amtha dalam rilis yang diterima Bisnis 22/12/2016.

Cara penggunaan Plester Sariawan juga cukup mudah. Tinggal tempel plester tersebut pada bagian yang luka(dalam keadaaan basah terbilas oleh air liur) sebelum makan. Tunggu sampai 4 hari, luka akan sembuh dan atau membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro