Ilustrasi demesia/usdoj.gov
Health

Orang Berpenglihatan Kabur Berisiko Tinggi Menderita Demensia

Nindya Aldila
Jumat, 1 September 2017 - 06:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan data dua studi -- National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) dan National Health and Aging Trends Study -- peneliti menemukan bahwa orang yang mengalami permasalahan penglihatan jarak jauh lebih mungkin dua hingga tiga kali mengalami penurunan kemampuan kognitif, seperti demensia.

Studi ini menguji kemampuan penglihatan dan permasalahan kesehatan lainnya yang dihubungkan dengan kemampuan kognitif dan demensia. Penelitian ini melibatkan partisipan berumur 60 tahun ke atas. Hasilnya, seperempat dari partisipan mengalami demensia.

Partisipan mengalami penglihatan jarak jauh yang memburuk dengan jarak pandang 20/40, yang dibarengi dengan gejala penurunan kemampuan kognitif tiga kali lebih tinggi. Adapun penglihatan normal 20/20 yang berarti mata normal dapat melihat objek pada kejauhan 20 kaki. Sementara, untuk kondisi penglihatan untuk jarak dekat tidak memiliki hubungan dengan penurunan kemampuan kognitif.

Dalam jurnal JAMA Ophthalmology, Ketua Ophathalmology VA Palo Alto Health Care System Stanford University School of Medicine California, Suzann Pershing, mengatakan interaksi antara neurosensory (penglihatan dan pendengaran) dan kemampuan kognitif sebenarnya belum bisa diketahui secara pasti.

"Masuk akal jika penurunan kemampuan penglihatan akan berujung pada penurunan kemampuan kognitif. Begitu juga pada penurunan kemampuan kognitif yang parah bisa mengakibatkan gangguan penglihatan fungsional, biarpun mata sehat secara struktural," tuturnya.

Pershing menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara reguler bagi orang yang mulai menginjak usia tua, meski hal itu tak cukup. Namun, penelitian ini bisa menjadi pengingat bagi semua orang untuk lebih memperhatikan kesehatan mata.

Waspadalah terhadap potensi penurunan penglihatan pada anggota keluarga yang sudah mengalami demensia. Kendati demikian, beberapa penyakit mata yang sering dialami oleh orang lanjut usia memang mudah diobati dengan operasi yang terbilang aman dan efektif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro