Health

Terapi Cacing Obat Autis?

JIBI
Minggu, 8 Oktober 2017 - 17:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang anak laki-laki berusia 4 tahun dengan autisme mengalami kemajuan setelah menjalani terapi cacing selama dua bulan.

Milan Solanki menjalani terapi cacing eksperimental untuk autis. Dia mengonsumsi cacing untuk menjaga bakteri ususnya tetap sehat. Pihak keluarga Solanki secara eksklusif mengatakan kepada Daily Mail bahwa anak tersebut menunjukkan perhatian dan keramahannya meningkat, karena terapi cacing.

Seperti dikutip dari laman Parentherald, Caroline Solanki juga melihat anaknya sekarang dapat melakukan kontak mata, bahkan dengan orang asing.

"Rasanya dia mengalami pemulihan akibat gangguan perkembangan sarafnya. Kami sadar kemampuan Milan untuk menjalani kehidupan normal sangat bergantung pada usaha kami menemukan keseimbangan dalam tubuhnya," ujar Caroline.

Milan sama sekali tidak makan cacing secara langsung. Sebuah perusahaan bernama Biome Restoration di Lancashire, Inggris, mengembangkan suplemen makanan dengan menggunakan larva mikroskopik. Selain itu, Milan juga mengubah pola makan di bawah bimbingan Jerry Kartzinel, anggota American Academy of Pediatrics.

Ini bukan terapi cacing pertama untuk autisme karena para ahli juga pernah melakukan studi yang sama pada tahun 2013. Menurut laman Fox, Eric Hollander dari Albert Einstein College of Medicine, yang memimpin penelitian tersebut.

Para ahli mendapatkan ide mengenai terapi cacing, yang mulai populer di awal 1990-an. Dokter percaya bahwa paparan organisme baik dapat meningkatkan sistem autoimun mereka untuk melawan alergi, asma, radang, atau demam pada orang dengan autisme.

Dokter juga melakukan penelitian dengan cacing untuk pengobatan penyakit Crohn, multiple sclerosis, dan diabetes tipe 1. Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) tidak pernah menyetujui parasit digunakan sebagai bahan pengobatan untuk kondisi apapun, termasuk autisme, seperti dilansir dari BioTherapeutics, Education & Research (BTER) Foundation.

Dokter James Cusack dari Austistica di Inggris mengimbau untuk mewaspadai terapi cacing untuk autisme, karena tidak ada bukti ilmiah yang kredibel.
Dia juga mengingatkan orangtua bahwa pengobatan eksperimental atau alternatif untuk autisme ini disertai risiko.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro