Racun Kalajengking/Reuters
Health

Berminat Bisnis Racun Kalajengking? Inilah Fungsi Racun Kalajengking Jantan

JIBI
Kamis, 3 Mei 2018 - 14:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalau bukan Presiden yang mengatakan, bisa jadi soal bisnis racun kalajengking akan dianggap sama dengan bisnis tokek dan bisnis eksotis lainnya.

Racun kalajengking tiba-tiba membuat heboh setelah Presiden Joko Widodo menyebutnya sebagai zat dengan nilai tertinggi seharga Rp145 miliar per liter.

"Jadi Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, kalau mau kaya, cari racun kalajengking," ujar Jokowi di hadapan para kepala daerah di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, 30 April 2018.

Lantas, apa fungsi racun kalajengking?

Seorang ahli evolusi racun di Natural History Museum London, Ronald Jenner, mengungkap fakta di balik racun kalajengking tersebut.

Salah satu keharusan hidup bagi semua hewan adalah menemukan pasangan dan bereproduksi. Namun, alih-alih ke romansa, beberapa ritual kawin spesies tampaknya melibatkan serangan atau gigitan.

Dr Ronald Jenner mengatakan beberapa spesies kalajengking memiliki ritual kawin yang tampaknya berjalan antara merayu dan menyerang.

Seekor kalajengking jantan akan menuntun kalajengking betina dalam ritual seperti tarian, yang dikenal sebagai promenade à deux, memeluknya dengan pedipalp (cakar besar). Selama tarian ini, si jantan menyengat pasangannya.

“Sengatan seksual terjadi pada banyak jenis kalajengking yang berbeda. Tapi tidak ada yang pernah tahu apakah kalajengking jantan itu menyuntikkan racun ataukah sengatnya kering,” ujar Jenner.

Beberapa spesies kalajengking memiliki dua jenis racun: pra-racun yang terutama mengandung garam dan digunakan sebagai sengatan pertahanan menyakitkan, dan racun penuh, yang terdiri dari protein yang dapat menyebabkan efek biologis seperti melumpuhkan mangsa mereka.

“Diperkirakan oleh beberapa orang bahwa sengatan seksual hanya menggunakan pra-racun. Tetapi kemudian ada pertanyaan mengapa. Sebagian besar konsensus adalah bahwa hal itu menenangkan si betina, karena si betina juga bersenjata dengan sengatan yang berbahaya.”

Menurut Jenner, menenangkan betina akan memungkinkan kalajengking jantan membimbingnya. Kalajengking jantan meletakkan paket sperma di tanah dan kalajengking betina menyerapnya ke dalam tubuh - yang membutuhkan koreografi. “Jadi bisa jadi sengatan itu membuatnya menerima tarian itu tanpa menjadi agresif atau melarikan diri.”

Namun, beberapa ilmuwan berpikir sebaliknya, bahwa sengatan jantan memiliki peran stimulasi. Ada spesies kelabang yang terlibat dalam taktik yang agak serupa.

Sementara semua spesies lipan diketahui berbisa, dan hewan jantan dari beberapa spesies telah dicatat menggigit betina selama kawin, meskipun, seperti dengan kalajengking, niat dan efeknya tidak jelas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : TEMPO.CO
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro