Head of House of Derma Sahid Sahirman Wilson Loginus memperaktekan langsung teknik perawatan kulit, di sela-sela peluncuran klinik kulit dan kelamin House of Derma Sahid Sahirman di Jakarta, Selasa (10/4/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Health

Takut Penuaan Dini, Ini Dia Faktor Penyebabnya

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 8 Mei 2018 - 23:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Salah satu masalah kulit yang sering kali dikhawatirkan oleh kaum hawa adalah penuaan dini, atau timbul keriput lebih cepat.

Dokter Spesialis Kulit dan Kecantikan Ariana Suryadewi Soejanto mengatakan kulit juga termasuk organ yang harus dirawat.

Menurutnya perawatan anti-aging atau penuaan dini dari masing- masing individu memang tidak dapat digeneralisasi lantaran memiliki faktor-faktor yang berbeda seperti faktor eksternal dan juga hormonal.

"Ada anggapan kalau cewek lebih cepat terlihat tua itu karena faktor hormonal. Karena hormon [wanita] lebih bervariasi, " kata Ariana dalam peluncuran Natur-E Face Series, kunci untuk #KEMBALIKANCANTIKMUDAMU, di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Sedangkan untuk faktor eksternal yang dapat menyebabkan penuaan lebih di i adalah sering terpapar sinar matahari, polusi, radikal bebas, minum-minuman beralkohol, rokok, serta penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit.

"Hal hal seperti itu dapat mempercepat proses aging, " tambahnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, terlalu banyak pikiran yang berujung pada stres juga menjadi faktor penyebab penuaan lebih dini, lantaran stres juga akan mempengaruhi hormon.

"Kalau hormon kurang maka akan menjadi radikal bebas kemudian kulit akan nenjadi kering" katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro