Permen karet/Istimewa
Health

Tahukah Anda Mengunyah Permen Bisa Membakar Kalori?

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 7 November 2018 - 10:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu upaya paling kecil untuk membantu anda membakar kalori dalam tubuh adalah mengunyah permen sambil berjalan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, penelitian dari The Journal of Physical Therapy Science yang dilaporkan di European Congress Science on Obesity di Vienna tahun ini, permen yang Anda kunyah sambil berjalan adalah bentuk perpaduan olahraga.

Ini merupakan cara efektif menjaga berat badan, terutama di negara seperti Jepang, di mana berjalan kaki adalah hal yang sering dilakukan.

Pada riset sebelumnya, telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu kerja jantung dan pengeluaran energi saat beristirahat. Dalam eksperimen ini, ada 46 partisipan dengan rentang usia 21-69 tahun yang melakukan dua sesi berjalan. Masing-masing berjalan selama 15 menit.

Pada sesi pertama, mereka mengunyah dua permen karet setara 3 kilokalori. Pada sesi lain, mereka berjalan setelah mengonsumsi bubuk dengan kandungan serupa. Kemudian, tim ilmuwan mengukur denyut jantung istirahat maupun denyut jantung saat berjalan di kedua sesi. Begitu pula jarak yang ditempuh partisipan, kecepatan mereka berjalan dan jumlah langkah yang diambil.

Percobaan ini menghasilkan seluruh partisipan menunjukkan rata-rata denyut jantung yang lebih tinggi secara signifikan dari sesi berjalan sambil mengunyah permen. Untuk pria di atas 40 tahun, aktivitas ini juga meningkatkan jarak tempuh, jumlah langkah, dan energi yang dikeluarkan.

Para peneliti pun mengasumsikan studi ini terkait dengan “sinkronisasi kardio-lokomotif” yang merupakan fenomena alami di mana jantung berdenyut selaras dengan gerakan berulang. Jadi, di tengah tingginya angka penyakit jantung, obesitas, stroke, sampai kanker, metode ini bisa membantu Anda menjaga berat badan tetap normal.
\

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro