Fashion

KAIN ADAT: Wastraprema gelar pameran di Museum Nasional

Fahmi Achmad
Kamis, 4 April 2013 - 10:17
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA - Himpunan Pecinta Tenun, Batik dan Kain Adat/Tradisional Indonesia (Himpunan Wastraprema) menyelenggarakan pameran kain adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Pameran dengan tema Puspa Pesona Wastra, Tokoh Perempuan Indonesia diselenggarakan Himpunan Wastraprema di Museum Nasional pada 4-7 April 2013.

"Pameran ini menghadirkan sosok perempuan tangguh Indonesia yang menyukaii dan memakai kain adat daerah masing masing," kata Ketua Himpunan Wastraprema Nanuk Sri HUmiyarsih Gastel di Meseum Nasional hari ini, Kamis (4/4/2013).

Pameran tersebut, tambahnya, sekaligus dalam rangka merealisasikan visi dan misi organisasi dan bertepatan dengan peringatan Hari Kartini (21 April).

Sosok perempuan yang diangkat dalam pameran adalah pahlawan dari Aceh Cut Nyak Dien, tokoh pergerakan wanita Raden Dewi Sartika dari Jawa Barat dan R.A Kartini.

Selain itu ada wartawati pertama di Sumatera Rohana Kudus, Laili Roesad (duta besar perempuan pertama), Siti Bambang Utoyo (laskar wanita), Herawati Diah (jurnais pertama di Indonesia dan pendiri Wastraprema), Lasmidjah Hardi (pendiri Wastraprema). Johana Nasution (bergerak di bidang sosial), Maria Walanda Maramis (pahlawan perjuangan wanita asal Sulawesi Utara).

Selain pameran perhelatan di Museum Nasional, Wastraprema juga melakukan kegiatan bazaar 64 stan niaga, demonstrasi dan workshiop membatik, rendra bangku, menyulam, talkshow, dan fashion show.

(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Others
Sumber : Linda T. Silitonga
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro