Relationship

LIFE STYLE: Danes Art Gelar Diskusi Urban Farming

Herry Suhendra
Sabtu, 25 Mei 2013 - 15:18
Bagikan

JAKARTA: Danes Art Veranda akan mmendiskusikan Architects Under Big 3 bertema “Urban Farming Community" dengan pembicara kelompok Bali Berkebun pada Jumat (3/6).

Dari tahun ke tahun Bali mengalami perkembangan yang sangat pesat dan cukup menyeluruh di berbagai daerah. Pariwisata yang diunggulkan pulau ini menjadi aset pemerintah daerah dan menjadi daya pikat utama para investor lokal maupun asing untuk menginvestasikan berbagai bisnisnya di pulau ini.

Tetapi, dampak lain dari pembangunan yang sangat cepat itu adalah terbatasnya ruang terbuka hijau, serta lahan yang semakin sempit dengan harga tanah yang semakin meningkat.

Urban farming merupakan salah satu konsep yang mengoptimalkan lahan terbatas menjadi lebih produktif dan juga untuk memberikan ketahanan pangan. Bali Berkebun yang merupakan bagian dari Indonesia Berkebun adalah sebuah komunitas yang menggunakan program urban farming untuk menyebarkan semangat positif agar lebih peduli terhadap lingkungan perkotaan.

Dengan menerapkan 3 konsep, yaitu: ekologi, edukasi dan ekonomi, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar melalui peran masyarakat dan komunitas.

Bali Berkebun yang merupakan bagian dari Indonesia Berkebun ini terbentuk pada 10 Oktober 2011. Komunitas ini bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan perkotaan dengan program urban farming.

Salah satu kegiatannya yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian yang produktif dan hijau. Anggota dari komunitas ini pun beragam dari berbagai bidang dan industri.

Sementara itu Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi nonformal yang diteruskan dengan diskusi santai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herry Suhendra
Editor : Others
Sumber : herry suhendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro