Entertainment

Gara-gara Soal Gay, Wentworth Miller Ogah Hadiri Festival Film Rusia

Deliana Pradhita Sari
Kamis, 22 Agustus 2013 - 16:34
Bagikan

LOS ANGELES -  Aktor dan penulis naskah Wentworth Miller, yang terkenal karena perannya di serial televisi Fox Prison Break, mengatasnamakan dirinya sebagai gay untuk menolak undangan menghadiri festival film Rusia dimana negara itu sedang menggodok peraturan hukum anti-gay.

Aktor yang kini berusia 41 tahun itu menolak menghadiri St. Petersburg International Film Festival sebagai tamu kehormatan lewat sebuah surat yang di-posting di website GLAAD, grup media yang memonitor isu-isu yang berkaitan dengan gay, lesbian, biseksual dan transgender.

 “Terimakasih atas kebaikan Anda mengundang saya. Sebagai seseorang yang pernah ke Rusia, dan menikmati segala pemandangan dan kebudayaan leluhurnya, saya akan sangat senang untuk berkata ya. Namun, sebagai seorang gay, saya harus menolak,” tulis Miller kepada Direktur Festival, Maria Averbakh.

Miller juga menulis bahwa dia sangat terganggu dengan perlakuan dan sikap Pemerintah Rusia terhadap komunitas gay saat ini. Dia juga tidak akan mendatangi sebuah festival pada suatu negara yang mana orang-orang seperti dia ditolak secara sistematis dalam mendapatkan hak mereka untuk hidup dan mencinta.

Parlemen Rusia melarang penyebaran gay dalam konteks hukum yang disahkan pada bulan Juni lalu, yang meliputi akan mengenakan denda pada mereka yang menggelar unjuk rasa membela hak para gay. Mereka akan mendapat kecaman internasional.

Miller, yang berperan sebagai Michael Scofield di serial Prison Break sejak 2005 sampai 2009, kini berubah haluan menjadi seorang penulis naskah film thriller berjudul Stroker yang akan dibintangi oleh Nicole Kidman.

Surat yang ditulis Miller muncul setelah pembawa acara dan eksekutif produser Bravo Channel, Andy Cohen mengatakan kepada E! News minggu lalu, bahwa Miller tidak akan menjadi pembawa acara pendamping dalam kontes kecantikan Donald Trump’s Miss Universe tahun ini, karena dia merasa tidak berhak , sebagai gay, menginjakan kaki di tanah Rusia.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro