Health

Hati-Hati, Permainan di Gadget Bahaya bagi Perkembangan Mental Anak

Juli Etha Ramaida Manalu
Sabtu, 7 September 2013 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hati-hati, permainan berbasis teknologi yang terdapat di gadget Anda dinilai tidak sehat bagi perkembangan anak.

Permainan berbasis teknologi yang terdapat di gadget seperti smartphone, komputer dan juga iPad dinilai berdampak buruk bagi perkembangan mental dan saraf anak Anda khususnya anak di usia 4 tahun ke bawah.

“Sekarang orang tua sudah malas jadi tinggal kasih iPad, sebetulnya hal ini tidak mendidik, karena hanya melatih jari telunjuknya. Padahal, untuk menunjang tumbuh kembang anak itu kita harus merangsang motorik kasar dan motorik halusnya,” ujar Dokter Spesialis Anak Attila Dewanti, Sabtu (7/9/2013).

Motorik kasar merupakan kemampuan anak untuk tengkurap, duduk, berdiri dan sebagainya. Sementara itu, motorik halus adalah kemampuan koordinasi anatara mata dan tangan atau kemampuan memegang botol susu.

Dia mengemukakan di tengah kemajuan teknologi sekarang  sebaiknya orang tua tetap memberikan permainan yang mampu merangsang pertumbuhan fisik dan menggali emosi anak anak, sehingga menjadi lebih aktif dan mampu berssosialisasi dengan lingkungan.

Kecenderungan bermain dengan alat elektronok selain menghambat pertumbuhan motorik anak juga dinilai membuat anak tidak mampu bersosialisasi dengan lingkungannya. Hal ini dinilai akan mempengaruhi anak ketika tumbuh lebih dewasa nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro