Fashion

Penyakit Tidak Menular Lebih Mematikan

Dini Hariyanti
Minggu, 13 Oktober 2013 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan mencatat tren penyakit yang banyak menyebabkan kematian saat ini adalah penyakit tidak menular.

Adapun jenisnya a.l. stroke, diabetes, hipertensi, gagal ginjal, hingga kanker, yang dikenal orang jenis penyakit berbiaya mahal.

"Penyakit-penyakit itu tentu meningkatkan penderitaan dan biaya menjadi semakin mahal serta angka kematiannya pun semakin besar. Penyakit-penyakit tidak menular ini juga membuat produktivitas seseorang turun," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Jakarta, Minggu (13/10/2013).

Menurut dia, penyebab utama meluasnya tipe penyakit tidak menular seperti itu adalah gaya hidup seseorang. Bukan cuma jarang berolahraga, tetapi dipicu juga oleh ditambah lagi banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan merokok, baik pasif maupun aktif.

Selain itu, semakin banyak pula pekerjaan kantoran yang membuat seseorang berjam-jam hanya duduk di depan komputer dan jarang bergerak. 

"Yang menyedihkan adalah gaya hidup itu tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang di sekitar, seperti merokok. Sebanyak 67% pria di Indonesia adalah perokok aktif".

"Untuk itu, perlu dilakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Caranya, bukan semata rutin olahraga tapi juga mengkonsumzi makanan bergizi seimbang serta menjauhi merokok," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro