Health

Ini 5 Tanda Anak Anda Ketagihan Gagdet

Sepudin Zuhri
Kamis, 31 Oktober 2013 - 10:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tablet dan ponsel telah menggantikan televisi sebagai cara untuk menenangkan anak dan menjaga mereka agar tetap terhibur.

Berdasarkan data yang ada saat ini, sebagai contoh, telah mengungkapkan bahwa satu dari 3 balita menggunakan gadget sebelum mereka dapat berbicara.

Namun, perangkat ini bisa memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan mental bagi usia muda.

Konsultan Psikiater Remaja yang berbasis di London Dr Richard Graham dan Psikolog Klinis Dr Jay Watts mengatakan bahwa kecanduan teknologi dapat mempengaruhi perilaku anak dan pola tidur.

Dalam sebuah wawancara dengan MailOnline, mereka menyoroti lima tanda-tanda untuk melihat bahwa anak Anda kemungkinan ketagihan menggunakan gadget seperti iPad.

Mereka juga menekankan pentingnya mengambil 'digital detoks' untuk memperbaiki obsesi mereka.

"Ketika orang merasa rasa tidak nyaman saat dihentikan (dari kebiasaan) ketika tidak online, kita tahu bahwa hubungan dengan teknologi yang tidak dikelola dengan baik," kata Dr Graham dari Rumah Sakit Nightingale Capio, rumah sakit kesehatan mental yang berbasis di pusat kota London.

Dr Watts menambahkan: "Orang tua saat ini sering berjuang dengan ketidaktahuan betapa pentingnya media sosial untuk anak-anak sekarang, taman bermain modern adalah dunia maya."

"Namun, ketika perangkat elektronik mulai memiliki pengaruh lebih besar atas perilaku dari orang lain atau apa pun, ketika anak-anak menjadi sangat tertekan ketika teknologi akan dihapus [diminta] dari mereka, itu momen ketika Anda benar-benar harus mulai mengubah segala hal," lanjut Dr Graham.

Ini 5 tanda anak Anda ketagihan gadget:

1. Kehilangan keinginan untuk aktifitas lain
Misalnya, orang tua mengajak anak nonton film atau melakukan aktifitas di luar rumah, kemudian si anak menolak, maka itu tanda anak Anda sudah ketagihan gadget.

Dr. Graham menjelaskan jika penolakan itu terus meningkat dan menjadi lebih keras untuk mengajak anak meninggalkan gadget, maka anak itu sudah ketagihan dengan tablet, ponsel atau iPad.

2. Terus berbicara tentang teknologi
Jika anak berbicara tentang ketika mereka akan online berikutnya. Misalnya, ketika mereka ingin terus memainkan ponsel atau tablet, kemudian menyalakan lagi, maka itu tanda-tanda anak ketagihan gadget.

3. Mood labil dan sering membantah
Tanda lain yang harus dicari adalah jika jumlah waktu yang mereka habiskan menggunakan perangkat teknologi itu meningkat .

Sama , jika mereka menjadi sangat sensitif ketika kekhawatiran diungkapkan mengenai penggunaan teknologi mereka ke titik itu dapat dengan mudah berkembang menjadi sebuah argumen.

Menurut Dr Watts: "Ini sulit bagi siapa pun yang lahir sebelum tahun 1980 untuk menyadari betapa pentingnya media sosial adalah untuk kehidupan anak-anak saat ini.

4. Gejala ingin menguasai, tidak mau meminjamkan kepada orang lain
Jika seorang anak tampak tegang atau marah ketika mereka tidak bisa online, dan perasaan ini terasa hilang ketika mereka diberikan perangkat mereka, mereka mungkin memiliki masalah kata Dr Graham.

5. Sering berbohong
Ini termasuk menyembunyikan sejauh mana mereka menggunakan perangkat mereka, menyembunyikan mereka atau menggunakan mereka di tempat tidur tanpa sepengetahuan Anda.

Dr Graham mengatakan anak-anak dengan potensi kecanduan 'akan mencoba untuk melakukan sebanyak yang mereka bisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : dailymail.co.uk
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro